Pengaruh Segmenting, Targeting Dan Positioning TerhadapKeputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Tepung Terigu Di PT. Adikarya Distriboga Manado

Authors

  • Jimmy S.G. Ansa Universitas Sam Ratulangi
  • Woran Djemly Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

Keywords:

Segmenting, Targeting, Positioning, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pengguna dalam membeli produk adalah salah satu sasaran utama penjualan yang dilakukan oleh PT. Riset ini untuk menganalisis adakah pengaruh Segmentasi, Penargetan, dan Penempatan pada keputusan pengguna dalam membeli produk tepung terigu di PT. Adikarya Distriboga Manado. Pendekatan pada riset ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi terdiri dari pengguna yang membeli tepung terigu di PT. Adikarya Distriboga Manado pada tahun 2023, dengan jumlah sebanyak 1.346 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 94 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil riset menunjukkan bahwa segmentasi, targeting, dan positioning secara simultan berpengaruh signifikan pada keputusan pengguna dalam membeli tepung terigu di PT. Adikarya Distriboga Manado. Secara terpisah, segmentasi memberikan pengaruh baik namun tidak signifikan pada keputusan pembelian, sementara targeting dan positioning memberikan pengaruh baik yang signifikan pada keputusan pengguna dalam membeli tepung terigu di PT. Adikarya Distriboga Manado

References

Assauri, S. (2013), Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta

Sunyoto, D. (2013). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS, hal.57

Kotler., Armstrong. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 12, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sudarso, S. (2022). Analisis Implementasi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pada Keputusan Pembelian Pada Kedai Abg Sidoarjo. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(1), 7. https://doi.org/10.30587/jre.v5i1.3342 diakses pada 14 Maret 2024

Rorimpandey, E. D. ., Tawas, H. N., & Rogi, M. H. (2023). Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targetting dan Positioning (Stp) Pada Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pengguna Kopi Janji Jiwa Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 6(2), 1449.

Tjiptono, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Malang. Bayu Media

Taufiq, F., Pratiwi, N., Padang, I. Y., & Barat, S. (2023). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi , Targeting dan Positioning pada Keputusan Pembelian pada RN Coffee Roastery di Kota Solok. 7, 17007–17020. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9067/7406/17007 diakses pada 14 Maret 2024

Kasali, R. 2018. Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting dan Positioning. Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Riset Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2017). Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Jimmy S.G. Ansa, Woran Djemly, & Ferdy Roring. (2024). Pengaruh Segmenting, Targeting Dan Positioning TerhadapKeputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Tepung Terigu Di PT. Adikarya Distriboga Manado. Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 1(9), 974–984. Retrieved from http://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/717