Analisis Deskriptif Terhadap Pelaksanaan Proyek Penelitian Dalam Mata Kuliah Best Practice Kepemimpinan Sekolah Di Universitas Ahmad Dahlan
Keywords:
Proyek Penelitian, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Mata Kuliah Best Practice Kepemimpinan SekolahAbstract
Salah satu informasi yang diperoleh dari kegiatan PPL oleh mahasiswa Program Studi Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman pada program studi yang sama di Universitas Ahmad Dahlan adalah mata kuliah Best Practice Kepemimpinan Sekolah sebanyak 3 SKS yang diberikan pada semester 3, mata kuliah ini bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat bagi mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang efektif dan inovatif dalam dunia pendidikan di masa datang. Mengingat kebermaknaan mata kuliah ini bagi mahasiswa, maka pelaksanaannya diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu dan dapat sejalan dengan mata kuliah lain. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendapat gambaran rinci dan wawasan tentang pelaksanaan mata kuliah Best Practice Kepemimpinan Sekolah di UAD. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menjawab secara lebih rinci tentang pelaksanaan proyek penelitian dalam mata kuliah best practice kepemimpinan sekolah di Universitas Ahmad Dahlan. Hasil dari penelitian menunjukkan peran penting mata kuliah tersebut dalam meningkatkan pengalaman belajar dan keterampilan praktis para mahasiswa sebagai pemimpin sekolah di masa depan
References
Hasanah, E., Al Badar, M. I., Al Ghazy, M. I., & Fauzia, F. (2023). Enhancing Student Leadership Skills through Project-Based Learning in the Postgraduate Research Experience. The Qualitative Report, 28(5), 1406–1428. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2023.5848
Christie, A., Fauzi, A., Harahap, A. H., Difa andani, C., & Nurhaliza, D. (2023). Pentingnya Gaya Kepemimpinan Dalam Perilaku Organisasi. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 1013–1017. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.211
Hartini, Ramaditya, M., Irwansyah, R., Putri, D. E., Ramadhani, I., Wijiharta, Bairizki, A., Firmadani, F., Febrianty, Suandi, Julius, A., Pangarso, A., Satriawan, D. G., Indiyati, D., Sudarmanto, E., Panjaitan, R., Lestari, A. S., & Farida, N. (2021). Perilaku Organisasi. In Perilaku Organisasi.
Latifah, Z. (2021). Pentingnya Kepemimpinan. Seminar Nasional, Vol 01, No, 103–111.
Dogara, G., Bin Saud, M. S., Bin Kamin, Y., Bin Abd Hamid, M. Z., & Bin Nordin, M. S. (2019). Developing soft skills through project-based learning in technical and vocational institutions. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(3). https://doi.org/10.35940/ijrte.A9803.098319
Khamdun, K., Suparmi, S., Maridi, M., & Rusilowati, A. (2021). Development of vocational science learning devices to improve project based soft skills. Linguistics and Culture Review, 5(S1). https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns1.1348
Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891
Oktarini O. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. J Ekon Manaj Sist Inf. 2021;3(1):108–21
Asrunputri AP, Supriyadi E, Putriana L. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Di Perusahaan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediating Variable (Studi Kasus: Pt Evi). J Ekobisman. 2020;4(3):183–93
Anggraini PD, Wulandari SS. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. J Pendidik Adm Perkantoran. 2020;9(2):292–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anissaa Alhaqqoh Darwis, Agus Saputra, Nanang Robiyanto, Tasmawati, Mariano Setiawan, Widyatmike Gede Mulawarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.