Sejarah Pemikiran Dan Sosial Pendidikan Islam Bani Umayyah

Authors

  • Zevas Alif Gibran Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
  • Kholaivil Mahfudzah Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
  • M. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum

Keywords:

Sejarah, Pemikiran Islam, Bani Umayyah

Abstract

Muawiyah bin Abi Sufyan adalah khalifah pertama yang mengubah bentuk dinasti umat Islam menjadi kerajaan setelah perseteruannya dengan khalifah sebelumnya, yang kemudian melahirkan Kerajaan Bani Umayyah, kerajaan pertama dalam sejarah Islam. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana sejarah peradaban dan pemikiran Islam yang telah berkembang mempengaruhi Bani Umayyah. Kajian ini menggunakan metodologi kualitatif dan teknik studi literatur, khususnya membahas sejarah Islam dalam kaitannya dengan pemikiran dan sejarah peradaban Umayyah. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa Walid bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Aziz, Muawiyah bin Abi Sufyan, dan Abdul Malik bin Marwan merupakan khalifah yang paling berpengaruh terhadap peradaban Umayyah. Arabisasi sistem dan ilmu pengetahuan, kebebasan intelektual dalam ijtihad dan pembentukan awal mazhab-mazhab pemikiran, pertumbuhan sastra Arab, dan gagasan untuk melestarikan ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadits semuanya telah menjadi ciri-ciri pemikiran pendidikan sejak Dinasti Umayyah

References

Mar’atus Sholihah, “Rekonstruksi Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam Era Dinasti Umayyah Dalam Pendidikan Islam,” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 10, no. 1 (2019): 81–106, https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i1.154.

Syahril Rambe, “Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Umayyah (Karakteristik Dan Spesifikasi Pemikiran Dalam Pendidikan Islam Masa Umayyah),” Jurnal Alkaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman 10, no. 1 (2022): 91–108

Achmad Muzammil Alfan Nasrullah, “Refleksi Sejarah Islam Dinasti Umayyah Dari Arabisasi Hingga Pengembangan,” Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam: Eduthink 2, no. 2 (2022): 30–43

Muharrahman et al., “Karakteristik Intelektual Dan Peradaban Bani Umayyah (Kuttab Sebagai Pendidikan Islam Dasar Bagi Anak Usia Dini),” Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Raudha Proud To Be Profesionals 7, no. 2 (2022): 288–97, https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.219.

Rahimi, “Pola Pendidikan Islam Pada Periode Dinasti Umayyah,” Jurnal Pendidikan Sejarah: Heuristik 1, no. 1 (2021): 46–53

Achmad Muzammil Alfan Nasrullah, “Refleksi Sejarah Islam Dinasti Umayyah Dari Arabisasi Hingga Pengembangan,” Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam: Eduthink 2, no. 2 (2022): 30–43

Ahmad Masrul Anwar, “Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Bani Ummayah,” Jurnal Tarbiya 1, no. 1 (2015): 47–76

Muhammad Sapii Harahap, “Sejarah Dinasti Bani Umaiyyah Dan Pendidikan Islam,” WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 4, no. 2 (2019): 21, https://doi.org/10.51590/waraqat.v4i2.86.

Agus Mahfudin. et al. Setiawan, “Misi Dakwah Islam Masa Bani Umayyah 661-750 M,” Jurnal Sejarah Peradaban Islam Indonesia: Jusan 1, no. 1 (2023): 17–31

Muhammad. et al. Alif Kurniawan, Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam: Dari Masa Klasik, Tengah, Hingga Modern, ed. Dedi Wahyudi, Qoulun Pustaka, 1st ed. (Jakarta: Qoulun Pustaka, 2014).

Muhammad Sa’id Mursi, Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, Pustaka Al-Kautsar, 9th ed. (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020).

Surma. et al. Hayani, “Arabisasi Pemerintahan Islam Pada Masa Khalifah Abdul Malik Bin Marwan,” Juspi: Jurnal Sejarah Peradaban Islam 3, no. 2 (2020): 204–12, https://doi.org/10.30829/juspi.v3i2.6509.

Erik. et al. Yudistira, “Sistem Pemerintahan Dalam Masa Bani Umayyah,” Jurnal Sol Justicia 5, no. 2 (2022): 176–81, https://doi.org/10.54816/sj.v5i2.573.

Yussi Mutia Puspitasari, Yuliharti Yuliharti, and Yanti Yanti, “Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Umayyah,” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan: Kutubkhanah 20, no. 2 (June 30, 2020): 152–61, https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13349.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Zevas Alif Gibran, Kholaivil Mahfudzah, & M. Yahya Ashari. (2024). Sejarah Pemikiran Dan Sosial Pendidikan Islam Bani Umayyah. Indonesian Journal of National Education, 1(1), 34–41. Retrieved from http://jurnal.intekom.id/index.php/ijne/article/view/659