Pengembangan Prototype Sistem Katalog Buku Perpustakaan dengan Figma Berbasis Mobile

Authors

  • Rio Fachrudin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • R Wisnu Prio Pamungkas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Anida Fadla Silvia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ahmad Sofyan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i1.510

Keywords:

Peminjaman Buku, Katalog Buku, Perancangan, Unified Modeling Language, Mobile

Abstract

Perpustakaan adalah kumpulan informasi yang mencakup berbagai bidang seperti sains, hiburan, rekreasi, dan ibadah, yang penting bagi kehidupan manusia agar tetap terinformasi dan dapat berinteraksi aktif sebagai makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe aplikasi mobile yang berfungsi sebagai katalog dan sistem peminjaman buku perpustakaan. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai katalog buku, status ketersediaan di perpustakaan, dan memungkinkan pengguna mendaftar serta meminjam buku yang diinginkan melalui perangkat mobile. Penelitian ini menggunakan Metode Development Research yang bertujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan pengetahuan yang ada. Hasil dari penelitian ini meliputi pemodelan sistem secara visual menggunakan Unified Modeling Language (UML), perancangan basis data, dan pengembangan prototipe yang memberikan gambaran menyeluruh tentang sistem, yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 76. https://doi.org/10.22146/bip.28943

Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan Dan Sains Informasi Universitas Bengkulu The Use Of Mendeley As Reference Management On Thesis Writing Of Students Of Department Of Library And Information Science Of Universitas Bengkulu. In Palimpsest: Journal of Information and Library Science (Vol. 12, Issue 1).

Sutopo, H., & Pamungkas, W. (2017). Developing Mathematics Mobile Game to Enhance Learning for Children. 22017 IEEE International Conference on Computational Science and Engineering (CSE) and IEEE International Conference on Embedded and Ubiquitous Computing (EUC), 191–197. https://doi.org/10.1109/CSE-EUC.2017.41

Sahfitri, V. (2019). Prototype E-Katalog Dan Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 165–171. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.665

Wintolo, H., Septian, L., Paradita, D., Teknologi, S. T., & Yogyakarta, A. (n.d.). Layanan Cloud Computing Berbasis Infrastructure As A Service Menggunakan Android.

Wisnu, R., Pamnungkas, P., Alexander, A. D., Universitas, A. R., Jl, B., Perjuangan, R., Mulya, M., & Utara, B. (2019). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Website Design Methode Dalam Mendukung Tata Kelola Teknologi Informasi. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 3). http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti

Telekomunikasi, M., & Informasi, D. (2016). katalog Berbasis Website Sebagai Media Informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Lampung. Hal 1-11 Deppi Linda 2. Sistem Penunjang Keputusan untuk Proses Perekrutan Karyawan Dengan Metode Saw (Simple Additive Weighting) Hal 12-18. 6(2).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rio Fachrudin, R Wisnu Prio Pamungkas, Anida Fadla Silvia, & Ahmad Sofyan. (2024). Pengembangan Prototype Sistem Katalog Buku Perpustakaan dengan Figma Berbasis Mobile. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i1.510