Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Yayasan Al Karomah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Umi Handayani

Authors

  • Shalimar Carla Azzahra Wilantoro Universitas Budi Luhur
  • Ari Saputro Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Anif Universitas Budi Luhur
  • Gunawan Pria Utama Universitas Budi Luhur
  • Basuki Hari Prasetyo Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.60076/indotech.v2i2.679

Keywords:

Multimedia Interaktif, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Desain Interaktif, Implementasi Media Interaktif

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan penting bagi anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun, di mana pengembangan potensi dan pembentukan karakter anak mulai dibentuk. Salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran PAUD adalah penggunaan media interaktif. Berdasarkan penelitian di PAUD Umi Handayani, ditemukan beberapa kekurangan dalam pembelajaran berbasis teknologi yang ada saat ini. Oleh karena itu, metode pembelajaran interaktif diusulkan untuk memberikan suasana belajar agar yang lebih menarik dan memudahkan anak-anak dalam memahami pelajaran. Penggunaan media interaktif ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mengurangi kejenuhan. Proyek ini bertujuan untuk mengimplementasikan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran di PAUD Umi Handayani, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung para pengajar dalam menyampaikan materi. Tema "Implementasi Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Yayasan Al Karomah PAUD Umi Handayani" dipilih untuk menghadirkan solusi pembelajaran yang efektif dan efisien melalui teknologi informasi. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif edukatif serta desain pendukung berupa stationery dan merchandise yang dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Najib, A. Syawaluddin, and S. Raihan, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SD,” J. Inov. Pedagog. dan Teknol., vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 1–13, Jul. 2023, [Online]. Available: https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/2

P. G. Aryanti, A. A. Lailany, I. Amelia, A. N. H. Regita, K. Setiawan, and M. B. Yel, “Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD,” AJAD J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1 SE-Articles, pp. 61–75, Apr. 2024, doi: 10.59431/ajad.v4i1.282.

B. M. Syah, A. Ismiwati, R. D. Arcelia, and M. Setiyawan, “Perancangan Pembelajaran Interaktif Pengenalan Jenis Alat Transportasi Berbasis Multimedia,” Sci. J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 2, no. 11 SE-Articles, pp. 601–609, Aug. 2024, [Online]. Available: http://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/2998

R. T. Humaida and S. Suyadi, “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT,” Aulad J. Early Child., vol. 4, no. 2 SE-Research Articles, pp. 78–87, Jun. 2021, doi: 10.31004/aulad.v4i2.98.

Anik Ismiwati, Bagus Maulana Syah, Refi Difa Arcelia, and Riyan Abdul Aziz, “Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Alat Transportasi Untuk Taman Kanak-Kanak,” Repeater Publ. Tek. Inform. dan Jar., vol. 2, no. 3 SE-Articles, pp. 178–187, Jul. 2024, doi: 10.62951/repeater.v2i3.136.

S. Maghfiroh and S. Dadan, “Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1560–1566, May 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

R. R. García, J. S. Quirós, R. G. Santos, S. M. González, and S. M. Fernanz, “Interactive multimedia animation with Macromedia Flash in Descriptive Geometry teaching,” Comput. Educ., vol. 49, no. 3, pp. 615–639, 2007, doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.005.

M. Audhiha, A. Febliza, Z. Afdal, Z. A. MZ, and R. Risnawati, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1 SE-Articles, pp. 1086–1097, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2170.

F. Ma’ruf, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD,” Ainara J. (Jurnal Penelit. dan PKM Bid. Ilmu Pendidikan), vol. 2, no. 3 SE-Articles, pp. 143–147, Aug. 2021, doi: 10.54371/ainj.v2i3.68.

O. A. Wacanno, H. Kuswara, A. Mukhayaroh, S. Informasi, and N. Mandiri, “Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Sebagai Game Edukasi Dalam Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 11, no. 3, pp. 168–175, 2022.

A. Koesnandar, “Pengembangan Software Pembelajaran Multimedia Interaktif,” J. Teknodik, vol. 0, no. 0 SE-Articles, pp. 75–88, Apr. 2019, doi: 10.32550/teknodik.v0i0.548.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Shalimar Carla Azzahra Wilantoro, Ari Saputro, Muhammad Anif, Gunawan Pria Utama, & Basuki Hari Prasetyo. (2024). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Yayasan Al Karomah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Umi Handayani. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 2(2), 131–142. https://doi.org/10.60076/indotech.v2i2.679