Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Kemanggisan 10 Pagi

Authors

  • Marzelika Putri Alicia Universitas Esa Unggul
  • Ainur Rosyid Universitas Esa Unggul

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu guru kelas I, II, IV dan V. Hasil penelitian menujukan bahwa pada dimensi pemahaman beberapa guru sudah memahami Kurikulum Merdeka dan beberapa lainya belum terlalu memahami Kurikulum Merdeka, persentase kesiapan berada pada kategori 80% siap. Pada dimensi kesehatan, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan fisik, mental dan persiapan emosional dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi perencanaan pembelajaran, beberapa guru sudah memenuhi indikator persiapan perencaaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 85% siap. Pada dimensi pelaksanaan pembelajaran,  keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan pelaksanaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi penilaian pembelajaran, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan penilaian pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Hasil temuan tersebut menunjukan bahwa kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 berada pada kategori siap, namun belum secara keseluruhan siap

References

Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. 7(4), 527–532.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Syofyan, H., Ratnawati Susanto, M. Bahrul Ulum, & Syahrizal Dwi Putra. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.56419

Hartono, N. (2022, August 27). Kriteria Sekolah yang Boleh Terapkan Kurikulum Merdeka. Majalah Elipsis . ttps://majalahelipsis.com/kriteria-sekolah-yang-boleh-terapkan-kurikulum-merdeka/

Marheni, E., Supriyanto, T., & Junaedi, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal (Analisis of the Implementation of the Merdeka Curriculum in the Driving School of SD Negeri Randugunting 6 Tegal City).

Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif ANALISIS DATA (Emzir, Ed.). Rajawali Pers.

Faradiba, N. (2022, January 14). Definisi Sehat Menurut WHO dan Kemenkes, Tidak Hanya Soal Penyakit. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/14/164500923/definisi-sehat-menurut-who-dan-kemenkes-tidak-hanya-soal-penyakit#google_vignette

Rahmasari, D., & Syofyan, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 02, 4610–4624. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9167

Lestari, D., & Fatonah, K. (2022). Pemanfaatan Media Podcast dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/178

Kadek, N., Purani, C., Ketut, I., Agung, D., & Putra, S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, Vol. 4. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125

Andina, F. N., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Implementasi Kurikulum Merdeka, 7(3), 392–404. https://pdfs.semanticscholar.org/c436/232fa02331442251c9fab631681813f924a8.pdf

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal Of Community SERVICE LEARNING, 5, 273–281. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4

Larlen. (2023). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Online UNJA, Vol 03. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452/7273

Khasanah, E. F., Ichsan, Y., Terawati, E., Muslikhah, A. H., & Anjar, Y. M. (2022). Nilai-Nilai Keislaman Pada Tembang Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 63–75. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.725

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Learning Assesment in the Independent Curriculum. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Deltania, & Rosyid, A. (2023). Teacher readiness in implementing the independent learning curriculum in elementary schools. Education and Social Sciences Review, 1, 34–40. http://dx.doi.org/10.29210/07essr326300

Marzuki, I., Sholihah, T., & Atha Imansyah, F. (2023). Urgensi Aspek Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(1). http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v5i1.8634

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Marzelika Putri Alicia, & Ainur Rosyid. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Kemanggisan 10 Pagi. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(3), 424–431. Retrieved from http://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/745