Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Kemanggisan 10 Pagi
Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kesiapan GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu guru kelas I, II, IV dan V. Hasil penelitian menujukan bahwa pada dimensi pemahaman beberapa guru sudah memahami Kurikulum Merdeka dan beberapa lainya belum terlalu memahami Kurikulum Merdeka, persentase kesiapan berada pada kategori 80% siap. Pada dimensi kesehatan, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan fisik, mental dan persiapan emosional dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi perencanaan pembelajaran, beberapa guru sudah memenuhi indikator persiapan perencaaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 85% siap. Pada dimensi pelaksanaan pembelajaran, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan pelaksanaan pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Pada dimensi penilaian pembelajaran, keseluruhan guru sudah memenuhi indikator persiapan penilaian pembelajaran dengan persentase kesiapan berada pada kategori 100% siap. Hasil temuan tersebut menunjukan bahwa kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kemanggisan 10 berada pada kategori siap, namun belum secara keseluruhan siap
References
Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. 7(4), 527–532.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Syofyan, H., Ratnawati Susanto, M. Bahrul Ulum, & Syahrizal Dwi Putra. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.56419
Hartono, N. (2022, August 27). Kriteria Sekolah yang Boleh Terapkan Kurikulum Merdeka. Majalah Elipsis . ttps://majalahelipsis.com/kriteria-sekolah-yang-boleh-terapkan-kurikulum-merdeka/
Marheni, E., Supriyanto, T., & Junaedi, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal (Analisis of the Implementation of the Merdeka Curriculum in the Driving School of SD Negeri Randugunting 6 Tegal City).
Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif ANALISIS DATA (Emzir, Ed.). Rajawali Pers.
Faradiba, N. (2022, January 14). Definisi Sehat Menurut WHO dan Kemenkes, Tidak Hanya Soal Penyakit. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/14/164500923/definisi-sehat-menurut-who-dan-kemenkes-tidak-hanya-soal-penyakit#google_vignette
Rahmasari, D., & Syofyan, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 02, 4610–4624. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9167
Lestari, D., & Fatonah, K. (2022). Pemanfaatan Media Podcast dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/178
Kadek, N., Purani, C., Ketut, I., Agung, D., & Putra, S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, Vol. 4. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125
Andina, F. N., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Implementasi Kurikulum Merdeka, 7(3), 392–404. https://pdfs.semanticscholar.org/c436/232fa02331442251c9fab631681813f924a8.pdf
Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal Of Community SERVICE LEARNING, 5, 273–281. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4
Larlen. (2023). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Online UNJA, Vol 03. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452/7273
Khasanah, E. F., Ichsan, Y., Terawati, E., Muslikhah, A. H., & Anjar, Y. M. (2022). Nilai-Nilai Keislaman Pada Tembang Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 63–75. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.725
Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Learning Assesment in the Independent Curriculum. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Deltania, & Rosyid, A. (2023). Teacher readiness in implementing the independent learning curriculum in elementary schools. Education and Social Sciences Review, 1, 34–40. http://dx.doi.org/10.29210/07essr326300
Marzuki, I., Sholihah, T., & Atha Imansyah, F. (2023). Urgensi Aspek Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(1). http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v5i1.8634
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marzelika Putri Alicia, Ainur Rosyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.