Pengaruh Inovasi Produk, Strategi Pemsaran, Dan Penetapan Harga Produk Terhadap Perilaku Konsumen Di Bawang Goreng Hunay Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Rico Adam Ardiansyah Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Tatik Amani Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Titik Musriati Universitas Panca Marga Probolinggo

Keywords:

Product Innovation, Marketing Strategy, Product Pricing, and Consumer Behavior, Bawang Goreng Hunay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara inovasi produk, strategi pemasaran, dan penetapan harga terhadap perilaku konsumen pada produk Bawang Goreng Hunay di Kabupaten Probolinggo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama ketiga variabel tersebut—yaitu inovasi produk, strategi pemasaran, dan penetapan harga—memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen. Namun, jika ditinjau secara parsial, inovasi produk tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan, sedangkan strategi pemasaran dan penetapan harga produk masing-masing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen

 

References

Diharto, A. K. (2022). Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Gerbang Media Aksara. Surakarta.

Haque-Fawz, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori, dan Implementasi. Pascal Books. Tanggerang.

Sitorus, A. P. (2022). Mekanisme Penetapan Harga (Price) Dan Kebijakan Penentuan Keuntungan (Profit) Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. 1, 50.

Nugraha, J. P. (2021). Teori Perilaku Konsumen. PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI). Pekalongan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Widodo, S. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. CV Science Techno Direct. Pangkal Pinang.

Murdani, B. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas. 10, 869.

Tegowati. (2024). Pengembangan Produk. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Sudirman, I., & Musa, M. I. (2023). Strategi Pemasaran. Intelektual Karya Nusantara. Makasar.

Tambunan, T. S. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pemilihan Penggunaan KWH Meter Listrik Pascabayar dan Prabayar pada PT PLN (Persero) Ranting Pancur Batu. 1, 69–70.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Rico Adam Ardiansyah, Tatik Amani, & Titik Musriati. (2025). Pengaruh Inovasi Produk, Strategi Pemsaran, Dan Penetapan Harga Produk Terhadap Perilaku Konsumen Di Bawang Goreng Hunay Kabupaten Probolinggo. Indonesian Journal of Economics Management and Accounting, 2(6), 1766–1776. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/1327