Pengaruh Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Dimediasi Customer Satisfaction: Studi Pada Pelanggan Restoran All You Can Eat Di Jakarta
Keywords:
Utilitarian Value, Experiential Marketing, Customer Satisfaction , Revisit IntentionAbstract
Maksud dari penulisan penelitian ini adalah untuk untuk menguji pengaruh positif dan signifikan utilitarian value dan experiential marketing terhadap revisit intention dimediasi customer satisfaction. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang didistribusikan secara online melalui platform media sosial instagram. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan kunjungan ke restoran All You Can Eat minimal dua kali dalam enam bulan terakhir yang berdomisili tempat tinggal di DKI Jakarta dan berumur minimal 17 tahun keatas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan SEM (Structural Equation Model) dari software Lisrel 8.80 untuk melakukan proses analisis dan pengolahan data hasil penelitian. Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa utilitarian value, experiential marketing, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. Selain itu, utilitarian value dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Serta, utilitarian value dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention melalui customer satisfaction sebagai variabel mediasi.
References
Bayu, D. (2023). Kinerja Industri Makanan dan Minuman Naik 4,90% pada 2022. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/kinerja-industri-makanan-dan-minuman-naik-490-pada-2022
Abram, T. B. B., Tumbel, T. M., & Mangindaan, J. V. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kapal Bitung. Productivity, 4(1), 1–5.
Ahdiat, A. (2023). 10 Provinsi dengan Restoran Skala Menengah-Besar Terbanyak di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/18/10-provinsi-dengan-restoran-skala-menengah-besar-terbanyak-di-indonesia
Pramita, M. W., & Danibrata, A. (2021). Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya Terhadap Behavior Intentions. E-Jurnal Manajemen Tsm, 1(1), 1–8. http://jurnaltsm.id/index.php/ejmtsm
Bellinda, B., Dolorosa, E., & Kurniati, D. (2020). Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aming Coffee: Experiential Marketing. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(2), 335–346. https://doi.org/10.34208/jba.v22i2.760
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (26th ed.). Alfabeta, Bandung.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method (C. S. Rahayu (Ed.); 1st ed.). Hidayatul Quran Kuningan.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pandiva Buku.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Penulisan Karya Tulis Ilmiah: KTI (1st ed.). Deepublish.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (A. Rachmatullah (Ed.); 1st ed.). Indigo Media.
Malhotra, N. K. (2020). Marketing Research An Applied Orientation (7th ed.). Pearson Education Limited.
Jasin, M., Sesunan, Y. S., Aisyah, M., Fatimah, C. E. A., & Azra, F. E. A. (2023). SMEs repurchase intention and customer satisfaction: Investigating the role of utilitarian value and service quality. Uncertain Supply Chain Management, 11(2), 673–682. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.1.013
Ayu Nitasari, S., & Gst Kt Gd Suasana, I. A. (2021). Effect of Utilitarian and Hedonic Value on Starbucks Coffee Customer Satisfaction in Denpasar, Bali, Indonesia. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 53–57. www.ajhssr.com
Karo Karo, P. (2020). Analysis of Experiential Marketing Effect on Tourist Satisfaction Levels at The Tourist Restaurant in Belitung District. Tourism Scientific Journal, 5(2), 231–253. https://doi.org/10.32659/tsj.v5i2.79
Eksangkul, N., & Nuangjamnong, C. (2022). The factors affecting customer satisfaction and repurchase intention: A case study of bubble tea in Bangkok, Thailand. AU-HIU International Multidisciplinary Journal, 2(2), 08–20. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Candra Putri, K., Rusminah, R., & Furkan, L. M. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen Mcdonald’S Sriwijaya. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1). https://doi.org/10.29303/e-jep.v2i1.24
Muttaqin, M., Suyoto, & Mahjudin. (2023). Predicting the Impact of Customer Satisfaction as a Mediating Effect of Experiential Marketing on Repeat Purchases. International Journal of Advanced Engineering and Management Research, 08(04), 47–62. https://doi.org/10.51505/ijaemr.2023.8404
Yanti Febrini, I., Widowati PA, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167
Syachadi, N. D., & Widyastuti, W. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Niat Mengunjungi Kembali di Rumah Makan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 966–978. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p966-978
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.