Pengaruh Strategi Respons Perusahaan Corrective Action Terhadap Respons Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen
Keywords:
Publisitas Negatif, Corrective Action, Respons Konsumen, Kepercayaan KonsumenAbstract
Pada pertengahan tahun 2023 PT.Astra Honda Motor (PT.AHM) terkena publisitas negatif. Dalam merespon hal tersebut PT. AHM menggunakan strategi respons perusahaan corrective action. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk melihat pengaruh strategi corrective action terhadap respons konsumen dan kepercayaan konsumen dalam fenomena publisitas negatif yang terkait PT.AHM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penggunaan data primer yang diperoledari 140 responden dengan cara menyebar kuesioner secara online. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan temuan pada penelitian ini adalah corrective action terhadap respons konsumen berpengaruh positif signifikan atau diterima namun terhadap kepercayaan konsumen ditolak. Hal ini berarti strategi corrective action yang digunakan oleh PT.AHM sudah tepat dalam menangani publisitas negatif yang terjadi jika ditinjau dari sudut respons konsumen, namun untuk kepercayaan konsumen PT. AHM perlu mencari cara penanganan lain agar strategi tersebut berpengaruh positif signifikan.
References
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.
Ameliah, R., Adi Negara, R., Minarto, B., Marito Manurung, T., & Akbar, M. (2022). Report Survei Status Literasi Digital Indonesia 2022.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Social Work Jurnal, 10(2), 199–208. Https://Doi.Org/Doi: 10.24198/Share.V10i2.31443
Z. Hidayat, Saefuddin, A., & Sumartono. (2016). Motivasi, Kebiasaan, Dan Keamanan Penggunaan Internet. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 129–150. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V13i2.675
Tri Hariyanti, N., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Windi Nofiani, P., & Chadi Mursid, M. (2021). Pentingnya Perilaku Organisasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77.
Saputri, S. B. (2023). Media Sosial, Pedang Bermata Dua Bagi Mental Gen Z. Tarfomedia, 4(2), 27–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36914/Tarfo.V4i2.1005
Gendel-Guterman, H., & Levy, S. (2017). Consumer Response To Private Label Brands’ Negative Publicity: A Relational Effect On Retailer’s Store Image. Journal Of Product & Brand Management, 26(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.1108/Jpbm-05-2015-0880
Liu, X., Maria Lischka, H., & Kenning, P. (2018). Asymmetric Cognitive, Emotional And Behavioural Effects Of Values-Related And Performance-Related Negative Brand Publicity. Journal Of Product & Brand Management, 27(2), 128–145. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1108/Jpbm-11-2016-1351
Fajrina, C. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Indomobil Datsun Adam Malik Medan. Universitas Sumatera Utara.
Yu, M., Liu, F., Lee, J., & Soutar, G. (2018). The Influence Of Negative Publicity On Brand Equity: Attribution, Image, Attitude And Purchase Intention. Journal Of Product & Brand Management, 27(4), 440–451. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1108/Jpbm-01-2017-1396
Amalia, A., & Kusuma Dewi, C. (2019). Pengaruh Publisitas Negatif Terhadap Minat Beli Produk H&M Di Indonesia. E-Proceeding Of Management , 6(2), 4467–4476.
Temin, D. (2013, December 30). Target’s Worst Pr Nightmare: 7 Lessons From Target’s Well-Meant But Flawed Crisis Response. Forbes.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method ). Hidayatul Quran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Fadil Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















