Pengaruh Store Environment, Sales Promotion, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Decision Konsumen Uniqlo Department Store

Authors

  • Krisna Adi Wahyudi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Dorothea Wahyu Ariani Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Lingkungan Toko, Promosi Penjualan, Persepsi Nilai, Keputusan Pembelian, Uniqlo Department Store, Penelitian Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan toko (Store Environment), promosi penjualan (Sales Promotion), dan persepsi nilai (Perceived Value) terhadap keputusan pembelian (Purchase Decision) konsumen di Uniqlo Department Store. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan survei yang melibatkan 81 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil  memberitahukan bahwa lingkungan toko memiliki pengaruh pada penetapan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0.233 dan signifikansi 0.029. Faktor-faktor seperti penataan ruang, kebersihan, pencahayaan, dan suasana toko terbukti memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sebaliknya, promosi penjualan tidak menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi 0.089 dan signifikansi 0.649, menunjukkan bahwa diskon dan penawaran khusus tidak cukup kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Persepsi nilai menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi 0.310 dan signifikansi 0.004, menandakan bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas produk, harga yang wajar, dan manfaat yang diperoleh berpengaruh positif terhadap penetapan pembelian. Kesimpulannya mengindikasikan bahwa Uniqlo perlu fokus pada peningkatan lingkungan toko dan memberikan nilai yang tinggi kepada konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian. Selain itu, perlu dipertimbangkan penyebab yang membuat penetapan pembelian yang belum teridentifikasi

References

R. B. Handayani, “Analisis Pengembangan Desain Fashion Berkelanjutan Di Indonesia,” 2022.

B. Utami, “Pengaruh Nilai Belanja Hedonik Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara (Studi Kasus Pada Pelanggan Di Ambarukmo Plaza Yogyakarta),” J. Manaj. Bisnis Indones. Jmbi, Vol. 6, No. 1, Pp. 11–22, 2017.

B. Prasetio And Y. Rismawati, “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota,” J. Ilm. Manaj. Ekon. Akunt. Mea, Vol. 2, No. 2, Pp. 57–65, 2018.

A. Y. Hamali And N. L. Anggriani, “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tata Pusaka Sentosa Textile Mills Bandung,” Yume J. Manag., Vol. 3, No. 1, 2020.

A. Firatmadi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Bus. Stud., Vol. 2, No. 2, Pp. 80–105, 2017.

M. B. Anthony, “Persepsi Antara Risiko Keselamatan Berkendaraan Dengan Perilaku Pemakaian Safety Belt Pada Driver Truk,” J. Intech Tek. Ind. Univ. Serang Raya, Vol. 4, No. 2, Pp. 53–58, 2018.

P. Yaputra, “Pengaruh Social Media Marketing, Store Environment, Sales Promotion, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Decision Konsumen Sogo Department Store,” J. Manaj. Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 1, Pp. 36–41, 2020.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Krisna Adi Wahyudi, & Dorothea Wahyu Ariani. (2024). Pengaruh Store Environment, Sales Promotion, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Decision Konsumen Uniqlo Department Store. Indonesian Journal of Economics Management and Accounting, 1(7), 781–789. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/611