Peran dan Tantangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Era Digital di Indonesia
Keywords:
UMKM, Perekonomian Indonesia, DigitalisasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang peran dan tantangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, serta inisiatif yang dilakukan pemerintah dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mendukung pertumbuhan sektor ini. Berbagai program, antara lain digitalisasi, pelatihan, dan peningkatan akses pembiayaan, telah direncanakan dalam upaya meningkatkan kinerja dan daya saing UMKM. Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan jumlah UMKM yang mengakses pasar digital, dengan harapan mencapai 30 juta unit pada tahun 2024. Meskipun terdapat tantangan dalam standarisasi dan pemerataan pendampingan, komitmen pemerintah dan Kadin untuk mendukung UMKM tetap kuat, dengan fokus pada peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan akses informasi bagi pelaku usaha. Kebijakan dan program tersebut diharapkan dapat memperkuat peran UMKM sebagai pilar penting perekonomian Indonesia, baik dalam kontribusinya terhadap PDB maupun dalam penyediaan lapangan kerja
References
Gunawan, K. (2019). Peran studi kelayakan bisnis dalam peningkatan umkm (studi kasus umkm di kabupaten kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 101–115.
Kadin.id. (2024). Data dan Statistik UMKM Indonesia. Kadin.Id. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
INDEF. (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 10–40.
Ismail, I., & Bahgia, S. (2021). Digitalisasi Sebagai Strategi Revitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMT KITA, 5(2), 131–139. https://doi.org/10.35870/emt.v5i2.431
Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16, 33.
Nugroho, W., & Iryanti, E. (2023). Pengaruh Pelatihan, Pembinaan dan Keterampilan Wirausaha Terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Sidoarjo. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 88–94. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2916
Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186.
Santosa, T., & Budi, Y. R. (2021). Analisa Perkembangan Umkm Di Indonesia Pada Tahun 2017 - 2019. Develop: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(2), 57–64. https://doi.org/10.53990/djep.v1i2.62
Evi Sirait, Bagus Hari Sugiharto, Jenal Abidin, Nely Salu Padang, & Johni Eka Putra. (2024). Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian di Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3816–3829. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4160
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adiastita Dwi Septiani, Resti Eka Wahyuni, Miranda Nurhafitsyah, Putri Kurniawati, Eka Sapriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.