Eksplorasi TikTok sebagai Media Pemasaran Efektif Bagi UMKM
Keywords:
TikTok, UMKM, Pemasaran digital, Media sosial, Strategi pemasaran, Keterlibatan konsumenAbstract
Makalah ini mengeksplorasi peran TikTok sebagai media pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital. Dengan lebih dari satu miliar pengguna global, TikTok menawarkan platform yang unik untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan konsumen melalui konten video pendek yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM dalam memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang berhasil menggunakan TikTok dapat meningkatkan jangkauan pasar dan menciptakan hubungan emosional dengan konsumen melalui konten kreatif dan interaktif. Namun, tantangan seperti keterbatasan keterampilan digital, anggaran, dan persaingan yang ketat masih menjadi hambatan signifikan. Makalah ini merekomendasikan strategi pemasaran yang efektif, termasuk pembuatan konten yang relevan, penggunaan hashtag challenge, dan kolaborasi dengan influencer, untuk membantu UMKM memaksimalkan potensi TikTok dalam meningkatkan penjualan dan keberlanjutan usaha
References
Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Diakses pada 2 November 2024.
Suretno, S., & Bustam, B. (2020). Peran bank syariah dalam meningkatkan perekonomian nasional melalui pembiayaan modal kerja pada UMKM. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(01), 1-19.
Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing untuk mencapai optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Influencer Marketing Hub. (2023). TikTok stats: Key statistics you need to know in 2023.
Bank Indonesia. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia 2020: Transformasi UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif.
Wijoyo,H., Vensuri, H., Kristianti, L. S., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri Publisher.
ANTCZAK, B. (2024). The Influence Of Digital Marketing And Social Media Marketing On Consumer Buying Behavior. Journal of Modern Science, 56(2).
Wibowo, T., & Yudi, Y. (2021, September). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik- Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. In Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech) (Vol. 1, No. 1, pp. 662-669).
Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez). JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 10(1), 26-33.
SIDAURUK, K. N. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi baru oleh Bigissimo. id di masa pandemi (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizki Ardiyono, Dodi Hermawan, Hasan Bisri Siregar, Fadhlih Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.