Strategi Pengelolaan Sumber Daya Laut Dalam Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Pesisir Jarangan
Keywords:
UMKM, Masyarakat, Kesejahteraan EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan sumber daya laut guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Jarangan. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan mengadakan studi penelaah terhadap buku, literatur, dan catatan. Hasil menunjukkan bahwa pengelolaan sumber daya laut berkontribusi signifikan terhadap pendapatan masyarakat dan menciptakan banyak lapangan kerja, sehingga mengurangi tingkat pengangguran. Meskipun memiliki potensi besar, masyarakat Desa Jarangan menghadapi berbagai tantangan, termasuk akses terbatas terhadap modal dan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan strategi yang tepat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pemanfaatan sumber daya laut di Desa Jarangan dapat berfungsi sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Desa Jarangan
References
Kemenko Perekonomian, Miliki Kontribusi Signifikan Bagi Perekonomian Nasional, Menko Airlangga Berharap Sektor Retail Jadi Tulang Punggung Di Tengah Ketidakpastian, Https://Www.Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/5715/Miliki-Kontribusi-Signifikan-Bagi-Perekonomian-Nasional-Menko-Airlangga-Berharap-Sektor-Retail-Jadi Tulang-Punggung- Diakses Pada Tanggal 5 Desember 2024
Kemenko Marves, Renstra 2020-2024, Https://Maritim.Go.Id/Uploads/Magazine/20230712114909-2023-07-12magazine114906.Pdf Diakses Pada Tanggal 5 Desember 2024
Iyan Setiawan, Irsa Luviantika, Dandi, Siska Aulia H. (2024) "Pemberdayaan Kewirausahaan Kelompok Wanita Tani (Kwt) Dalam Pengembangan Inovasi Produk Makanan (Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan)", Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia
Hidayah, A. (2022). Analisis Analisis Potensi Dan Tantangan Pengembangan Produk Unggulan Desa. Praja: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(1), 16-30.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan Umkm Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117 - 127.
Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi Umkm Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar, 1(3), 566–577.
Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada Umkm. Comsep: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159-164.
Ismah, I., Suhendri, S., & Kusdaryani, W. (2020). Pengembangan Umkm Melalui Literasi Digital Pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha. Altruis: Journal Of Community Services, 1(4), 174–181.
Simangunsong, B. Y. P. (2023). Peluang Dan Tantangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm): Systematic Literature Review . Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(1).
Sri M, Ahmad Y. Peluang Dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. J.Imb [Internet]. 2017sep.22 [Cited 2024dec.19];2(1):181-97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kifayatus Sadiya, Nurul Lathifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















