Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran Office Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK Persiapan Padang Tualang

Authors

  • Sofi Dwi Octavia Ningtiyas STKIP Al Maksum
  • Syaiful Bahri STKIP Al Maksum

DOI:

https://doi.org/10.60076/indotech.v2i3.1101

Keywords:

Model Pembelajaran Advance Organizer, Hasil Belajar, Office

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Advance Organizer pada materi Office. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini berlangsung pada Januari 2023 dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X OTKP di SMK Persiapan Padang Tualang. Hasil belajar dianalisis berdasarkan post-test dan observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan belajar pada siklus I, ditemukan bahwa penguasaan siswa terhadap Microsoft Office masih tergolong rendah. Dari 34 siswa, hanya 20 siswa (59%) yang mencapai ketuntasan belajar, dengan rata-rata nilai sebesar 51,47. Namun, pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 34 siswa, sebanyak 30 siswa (88,23%) berhasil mencapai ketuntasan belajar, dengan rata-rata nilai meningkat menjadi 87,8. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Sebelum penerapan model ini, tingkat ketuntasan belajar kognitif siswa hanya 11%. Setelah diterapkan, persentase ketuntasan meningkat menjadi 59% pada siklus I dan terus bertambah hingga mencapai 88,23% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Lilawati dan M. N. Rohman, “Penggunaan Strategi Pembelajaran Murder Pada Materi PAI Di SMK Roudlotun Nasyi’in,” JoEMS (Journal of Education and Management Studies), vol. 4, no. 4, pp. 57-62, 2021.

Gunawan, “Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 221-225, 2019.

H. B. Uno dan S. E. N. Lamatenggo, Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

A. A. A. Hidayat, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data, 2020.

N. Ahadia et al., “Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 1, 2021.

K. Almutairi, J. Nossent, D. Preen, H. Keen, dan C. Inderjeeth, “The global prevalence of rheumatoid arthritis: a meta-analysis based on a systematic review,” Rheumatology International, vol. 41, no. 5, pp. 863-877, 2020.

Y. P. Astuti, “Pengembangan perangkat pembelajaran model group investigation dengan advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa SMP,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 2, pp. 83-90, 2020.

R. El Fiah dan A. P. Purbaya, “Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016,” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), vol. 3, no. 2, pp. 171-184, 2017.

M. Fathurrohman, Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

M. Fauzan, N. T. Saleh, dan A. Prabowo, “Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019,” dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, 2019.

N. Hamdanillah, A. Harjono, dan S. Susilawati, “Pengaruh model pembelajaran advance organizer menggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 119-127, 2017.

R. G. Hatika, “Peningkatan hasil belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer berbantu animasi komputer,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 12, no. 2, pp. 113-117, 2016.

P. Khoerunnisa dan S. M. Aqwal, “Analisis Model-Model Pembelajaran,” Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 1-27, 2020.

R. Mela, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, 2019.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sofi Dwi Octavia Ningtiyas, & Bahri, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran Office Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK Persiapan Padang Tualang. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 2(3), 214–227. https://doi.org/10.60076/indotech.v2i3.1101