Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.60076/indotech.v3i1.1203Keywords:
Pemecahan Masalah Kreatif, Prestasi Belajar Siswa SMK, Komunikasi Digital dan SimulasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Komunikasi Digital dan Simulasi. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa banyak melakukan eksperimen langsung, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan materi pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif terhadap prestasi siswa kelas X di SMK Swasta Bintang Langkat. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan eksperimen, serta teknik pemilihan acak. Data dikumpulkan melalui observasi untuk menilai keterlibatan siswa dan tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,8, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 70,3. Berdasarkan uji statistik, diperoleh nilai thitung sebesar 5,849 dan ttabel sebesar 1,725. Karena thitung > ttabel, maka H₁ diterima dan H₀ ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Komunikasi Digital dan Simulasi. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif
Downloads
References
Fatimah, A. E., Indra, M., & Bahri, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Modul Digital Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 1.
Syafiuddin Sambas, M. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. V
Wardana, & Djamaluddin, Dr. A. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Cv. Kaaffah Learning Center.
Zekri, Ganefri, & Anwar, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Smk. 20, 33–42. Https://Doi.Org/10.24036/Pedagogi.V20i1.827
Sefriani, R., & Veri, J. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Modul Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Director Mx Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. 8. Https://Doi.Org/10.35134
Imelda Tumulo, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Sma Negeri 4 Gorontalo. Http://Dx.Doi.Org/10.37905/Dikmas.2.2.437-446.2022
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. 4.
Harefa, D., Telaumbanua, T., & Sarumaha, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). 28 10 2020, 3. Https://Doi.Org/10.35724
Maemunah, S., Tsamrotul Fuadah, Y., & Masdiana. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Hasil Belajar Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Vi Di Mi Al-Islah Lubuk Kuyung Pekon Sukamulya Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2022/2023.
Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (Hots) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas Vii. 298–305.
Setiawan Pardede, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Univers Itas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Fadli, R., Hidayati, S., & Cholifah, M. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. 3.
Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis.
Shafira Kirana, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cps (Creative Problem Solving) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas X Sma. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas Xi Sma Inshafuddin Kota Banda Aceh. 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riski Dwi Kartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.