Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penyewaan Fasilitas Olahraga Di Kota Pontianak Dengan Metode User Centered Design

Authors

  • Natasha Azzahra Aprillia Universitas Tanjungpura
  • Hengky Anra Universitas Tanjungpura
  • Khairul Hafidh Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.60076/indotech.v2i1.390

Keywords:

Aplikasi, Olahraga, User Centered Design, User Interface, User Experience

Abstract

Masyarakat saat ini mulai sering memanfaatkan fasilitas olahraga di daerahnya untuk berolahraga, khususnya di Kota Pontianak. Keinginan pemerintah Kota Pontianak mewujudkan Pontianak menjadi Sport City selaras dengan penelitian ini. Perancangan desain UI/UX aplikasi ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan desain yang dapat diterima dan memberikan kenyamanan pada pengguna akhir. Pembuatan aplikasi penyewaan fasilitas olahraga dapat menunjang tujuan pemerintah Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang memiliki empat tahapan utama yaitu specify context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluate against requirements. Penggunaan metode user centered design cocok dalam penelitian ini karena proses perancangan user interface  dan user experience yang berfokus pada pengguna akhir. Perancangan user interface  dan user experience menjadi sebuah hal penting karena inti dari sebuah pembuatan aplikasi adalah memberikan pengalaman yang mudah dan solusi kepada pengguna. Setelah dilakukan analisis dan perancangan, maka didapat hasil akhir desain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon pengguna. Hasil skor usability testing pun masuk dalam kategori “high” dengan tools maze dan kategori “excellent” dengan kuesioner SUS sebesar 86,5. Berdasarkan hasil akhir pengujian membuktikan bahwa hasil penelitian ini dapat diterima dan mudah dipahami oleh calon pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 21(79), 1-4.

Antara Kalbar. 28 Juni 2022. Dalam mewujudkan "Sport City" Kota Pontianak terus perbanyak fasilitas olahraga. Diakses pada 19 Februari 2023, dari https://kalbar.antaranews.com/berita/516361/dalam-mewujudkan-sport-city-kota-pontianak-terus-perbanyak-fasilitas-olahraga

Setiawan, A. (2016). TA: Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Klien pada Paris (Parking Information System) (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Abdul Naser, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi, S. S. (2018). Perancangan user interface dan user experience halaman website program studi desain komunikasi visual universitas negeri padang. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).

Amimah. (2021). Evaluasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi JRku menggunakan User Centered Design (UCD) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Cahyaningtyas, R., & Iriyani, S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 4(2).

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717-724.

Subhiyakto, E. R., Astuti, Y. P., & Umaroh, L. (2021). Perancangan User Interface Aplikasi Pemodelan Perangkat Lunak Menggunakan Metode User Centered Design. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 145-154.

Benyon, D. (2019). User Centered Design. Retrieved from interaction-design.org: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design

Interaction Design Foundation - IxDF. (2016). What is User Centered Design?. Interaction Design Foundation - IxDF. Diakses pada 15 November 2023 dari, https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design.

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Natasha Azzahra Aprillia, Hengky Anra, & Khairul Hafidh. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penyewaan Fasilitas Olahraga Di Kota Pontianak Dengan Metode User Centered Design. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.60076/indotech.v2i1.390