Perancangan Sistem Informasi Front Office Hotel Berbasis Web Dengan Pemodelan UML

Authors

  • Yudistira Setiawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Riski Intan Pertiwi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Buntoro Irawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.60076/indotech.v2i2.635

Keywords:

Sistem Informasi, Manajemen Hotel, Reservasi, Unified Modeling Language (UML)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada proses perancangan dan implementasi Sistem Informasi Front Office berbasis web di Hotel Kayu Manis Yogyakarta menggunakan Unified Modeling Language (UML). Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi proses seperti reservasi, check-in, check-out, dan pelayanan informasi, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu dan kesalahan manusia. Analisis menunjukkan fungsi-fungsi penting yang diperlukan untuk sistem informasi baru, yang diharapkan dapat memberikan akses informasi secara real-time dan memfasilitasi analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Implementasi sistem ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas layanan dan kinerja operasional, serta meningkatkan daya saing Hotel Kayu Manis di industri perhotelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tashtoush, L. (2021). The Role of Information Systems Capabilities as A Driving Force in Enhancing the Organizational Performance. Journal of Information Systems and Informatics, 3(2). http://journal-isi.org/index.php/isi

Fraya, V., Nst, H., Kunci, K., Sistem, :, Manajemen, I., & Pelayanan, M. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Hotel di The 7R Restaurant. In Jurnal Ilmiah Metadata (Vol. 5, Issue 1).

Djevojić, C., & Vitasović, Z. (2023). Digital Transformation of Business in The Hotel Industry and Its Impact on Sustainable Development. DIEM Dubrovnik International Economic Meeting, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.17818/DIEM/2023/1.6

Abdau Nasser, H. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web. 7(1).

Mu, N. (2023). Jurnal Restikom : Riset Teknik Informatika dan Komputer Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Batavia Berbasis Website. 5(2), 85–95. https://restikom.nusaputra.ac.id

Nistrina, K., & Lestari, T. A. (2024). Desain Inovatif Sistem Informasi Profil Hotel Damanaka Pangalengan Berbasis Website Menggunakan UML dan Figma.

Miftahul Jannah, W., Sutabri, T., & Yudiastuti, H. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web dengan Metode Prototype. In Journal of Information Technology Ampera (Vol. 4, Issue 1). https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Permata Sari, I., Zaenal Abidin, D., & Mulyono, H. (2023). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Reservasi Kamar Berbasis Web pada Hotel Penawar Jambi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 600–608. https://prosiding.seminars.id/prosainteks

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Yudistira Setiawan, Riski Intan Pertiwi, & Buntoro Irawan. (2024). Perancangan Sistem Informasi Front Office Hotel Berbasis Web Dengan Pemodelan UML. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.60076/indotech.v2i2.635