Perancangan Desain UX Dan Model 3D Reverse Vending Machine Menggunakan Pendekatan User-Centered- Design Pada Platform Sampahmas

Authors

  • Jamaludin Haikal Al Ghifari Universitas Islam Indonesia
  • Hasan Rama Sagita Universitas Islam Indonesia
  • Gilang Aryo Pamungkas Universitas Islam Indonesia
  • Andhika Giri Persada Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.60076/indotech.v2i3.974

Keywords:

Desain UX, Reverse Vending Machine, User-Centered Design, Sampah Anorganik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UX dan model 3D Reverse Vending Machine (RVM) menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Pendekatan UCD digunakan untuk memastikan bahwa desain yang dihasilkan intuitif, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahapan UCD meliputi penelitian pengguna, pengembangan konsep, pembuatan prototipe, pengujian, dan iterasi berdasarkan umpan balik pengguna. Pada penelitian ini, desain UX mencakup elemen antarmuka aplikasi yang interaktif, sementara model 3D RVM dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender untuk mengintegrasikan teknologi fisik dan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UX yang dirancang berdasarkan pendekatan UCD memberikan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan kemudahan penggunaan, dan memperkuat keterlibatan pengguna dalam pengelolaan sampah. Prototipe yang diuji mendapatkan nilai System Usability Scale (SUS) pada kategori "Good" hingga "Excellent," menunjukkan kepuasan pengguna terhadap sistem yang dirancang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam mengembangkan solusi inovatif di bidang pengelolaan sampah yang berkelanjutan, serta mendorong adopsi teknologi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Law, K. L., Starr, N., Siegler, T. R., Jambeck, J. R., Mallos, N. J., & Leonard, G. H. (2020). The United States’ contribution of plastic waste to land and ocean. Science Advances, 6(44), 1–7. https://doi.org/10.1126/sciadv.abd0288

Astuti, R. D., Prakoso, G. B., & Jatiningrum, W. S. (2023). Faktor Penghambat Niat Dan Perilaku Dalam Kegiatan Bank Sampah Studi Kasus di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 10(1), 39. https://doi.org/10.24853/jisi.10.1.39-52

Rasmila, R., Hanasti, F., & Ellysza, S. (2022). Analisa Website W3Schools Menggunakan System Usability Scale. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i1.14

Liem, J., & Noratama Putri, R. (2023). Aplikasi Cegah Stunting Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android. Jurnal SANTI - Sistem Informasi Dan Teknik Informasi, 3(2), 92–105. https://doi.org/10.58794/santi.v3i2.549

Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal Adiwarna, Vol 1, Hal 1-9.

BPS. (2024). Jumlah Penduduk di Indonesia. Badan Pusat Statistik Nasional. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html

Riskha, D., & Ayu, P. (2024). Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan. 3,1–5

Isnain, M. N., & Mutaqin, B. W. (2023). Geomorphological and hydro-oceanographic analysis related to the characteristics of marine debris on the south coast of Yogyakarta, Indonesia. Rendiconti Lincei, 34(1), 227–239. https://doi.org/10.1007/S12210-022-01125-1

Ravelino, C., & Susetyo, Y. A. (2023). Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(1), 121–129. https://doi.org/10.35870/jtik.v7i1.697

Eugenia, M. P., Abdurrofi, M., Almahenzar, B., & Khoirunnisa, A. (2022). Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 573–584. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1454

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Jamaludin Haikal Al Ghifari, Hasan Rama Sagita, Gilang Aryo Pamungkas, & Andhika Giri Persada. (2024). Perancangan Desain UX Dan Model 3D Reverse Vending Machine Menggunakan Pendekatan User-Centered- Design Pada Platform Sampahmas. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 2(3), 181–195. https://doi.org/10.60076/indotech.v2i3.974