Hubungan Pengetahuan Komponen Keterampilan Klinis Profesi Penata Anestesi Dengan Sikap Dalam Menjalankan Kinerja Mahasiswa Anestesiologi Pada Praktik Klinik Dasar Di Rumah Sakit

Authors

  • Yustian Damayana Feriyanto Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Tri Hapsari Listyaningrum Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Joko Murdiyanto Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Keywords:

Pengetahuan, Keterampilan Klinis, Sikap Kinerja, Praktik Klinik, Penata Anestesi

Abstract

Kompetensi penata anestesi tidak hanya mencakup penguasaan pengetahuan dan keterampilan klinis, tetapi juga sikap profesional dalam praktik. Standar tersebut telah diatur dalam KMK No. HK.01.07/MENKES/722/2020. Pengetahuan yang baik diharapkan mampu mendorong sikap kinerja yang profesional dalam praktik klinik dasar. Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan keterampilan klinis dengan sikap kinerja mahasiswa Program Studi Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling terhadap 60 mahasiswa yang telah menjalani praktik klinik dasar. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tingkat pengetahuan dan observasi sikap kinerja. Analisis data menggunakan uji Spearman rank. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan keterampilan klinis dalam kategori baik (80%) dan sikap kinerja baik (70%). Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan keterampilan klinis dengan sikap kinerja (r = 0,371; p = 0,004). Terdapat korelasi yang signifikan antara pengetahuan keterampilan klinis dengan sikap kinerja mahasiswa dalam praktik klinik dasar. Pengetahuan yang baik cenderung memperkuat sikap profesional dalam pelaksanaan tugas klinis. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan aspek teori dan praktik secara simultan dalam kurikulum pendidikan penata anestesi

References

Agustina, E., WardhaniAngi, V. F., Nirmalasari, N., Husairi, A., Aflanie, I., & Panghiyangani, R. (2023). Tingkat Pemahaman Malpraktik Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Homeostasis, 6(2), 505. https://doi.org/10.20527/ht.v6i2.10012

Young, S., Osman, B. M., Urman, R. D., & Shapiro, F. E. (2021). Patients, procedures, and PPE: Safe office-based anesthesia recommendations in the COVID-19 era. Best Practice and Research: Clinical Anaesthesiology, 35(3), 415–424. https://doi.org/10.1016/j.bpa.2020.11.006

Purnamasari, V. (2019). Pengetahuan penata anestesi tentang kompetensi pembimbing klinik keperawatan anestesiologi. Health Sciences and Pharmacy Journal, 3(2), 47. https://doi.org/10.32504/hspj.v3i2.137

Hidayati, R. W., ST, S., KM, M., & Puspito, H. (2022). Analisis penerapan standar kompetensi penata anestesi tahun 2020 di rumah sakit pku muhammadiyah kota yogyakarta.

Tambunan, A. A., & Utami, R. Y. (2023). Hubungan Keterampilan Klinis dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran UMSU. Jurnal Implementa Husada, 4(2). https://doi.org/10.30596/jih.v4i2.14412

Gamtessa, L. C. (2021). Correlation between academic and clinical practice performance of nursing students at a pediatrics and child health nursing course; mizan-tepi university, Ethiopia. Advances in Medical Education and Practice, 12, 155–162. https://doi.org/10.2147/AMEP.S294650

Edi Prayitno. (2021). Tanggung Jawab Hukum Praktik Tanpa Surat Izin oleh Penata Anestesi di Rumah Sakit (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Sangatta). Jurnal Hukum Dan Etika Kesehatan, 73–84. https://doi.org/10.30649/jhek.v1i1.16

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Wahyudi, F. M., Suryanah, A., Juarta, T., & Nugraha, I. L. (2023). Implementasi Kmk 722 Tahun 2020 Tentang Standar Profesi Penata Anestesi. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: Jkki, 12(01).

Olyvia, V. A. (2024). Gambaran Tingkat Pengetahuan Penata Anestesi Tentang Pelaksanaan Handover Dengan Menggunakan Metode Sbar (Doctoral Dissertation, Universitas Baiturrahmah).

Setyowati, N., & Quyumi, E. (2018). Gambaran Sikap Caring Mahasiswa Keperawatan Yang Telah Menjalani Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol, 6(2).

Wijaya, I. G. E. K. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Mahasiswa Div Keperawatan Anestesiologi Tentang Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Di Ruang Operasi.

Bahari, S., Megawati, M., Yuniati, Y., Fitriani, A. D., & Fhitriana, S. (2022). Faktor Yang Memengaruhi Konsep Diri Perawat Terhadap Produktifitas Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rsud Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 8(1), 349-358.

Octarini, T., & Sihombing, S. F. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Bidan Tentang Partograf Oleh Bidan Praktek Mandiri Di Kecamatan Bengkong Kota Batam. Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam, 7(3), 45-50.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Yustian Damayana Feriyanto, Tri Hapsari Listyaningrum, & Joko Murdiyanto. (2025). Hubungan Pengetahuan Komponen Keterampilan Klinis Profesi Penata Anestesi Dengan Sikap Dalam Menjalankan Kinerja Mahasiswa Anestesiologi Pada Praktik Klinik Dasar Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Republik Indonesia, 2(8), 272–279. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/jkri/article/view/1405