Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna Aplikasi MAPCLUB di Kota Jakarta Selatan)
Keywords:
Pengalaman Konsumen, Kepuasan Konsumen, E-CommerceAbstract
Penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif kausal untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antar variabel. Sampel pada penelitian ini berjumlah 125 responden, yang merupakan pengguna aplikasi MAPCLUB di Kota Jakarta Selatan, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Pengujian dan pengolahan data akan menggunakan metode PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4. Variabel pengalaman konsumen pada penelitian ini akan menggunakan tiga dimensi yaitu brand experience, service experience, dan consumption experience dengan didalamnya terdapat 10 indikator pengukuran, sedangkan pada variabel kepuasan konsumen memiliki tiga dimensi yaitu responsiveness, personalization, dan assurance yang didalamnya terdapat 8 indikator. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh informasi dari penelitian ini bahwa variabel pengalaman konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi MAPCLUB di Kota Jakarta Selatan, hal ini ditinjau dari nilai t-statistic dan p values yang melebihi batas signifikansi yang menandakan pengaruh yang dimiliki signifikan serta nilai original sample yang positif yang menandakan pengaruh yang dimiliki positif. Pada penelitian ini juga diperoleh bahwa consumption experience menjadi indikator yang paling kuat dalam memengaruhi variabel kepuasan konsumen dan indikator brand experience memiliki pengaruh yang paling kecil dalam memengaruhi kepuasan konsumen.
References
McLean, G., Al-Nabhani, K., & Wilson, A. (2018). Developing a Mobile Applications Pengalaman konsumen Model (MACE)- Implications for Retailers. Journal of Business Research, 85(January), 325–336.
Jaiswal, Singh. (2020). Influence of the Determinants of Online Customer Experience on Online Customer Satisfaction. Paradigm: A Management Research Journal.
Oudan, R. (2010), “Strategic decision-making in the emerging field of e-commerce”, International Journal of Management and Information System, Vol. 14 No. 2, pp. 12-15.
Mutula, S.M. and Brakel, P.V. (2006), “E-readiness of SMEs in the ICT sector in Bostwana with respect to information access”, Electronic Libr, Vol. 24 No. 3, pp. 402-417.
Altameem, E. and Almakki, R. (2017), “E-Commerce implementation: a critical review”, International Journal of Computing, Vol. 6 No. 2, pp. 12-19.
Demirel, D. (2022). The Effect of Service Quality on Kepuasan konsumen in Digital Age: Kepuasan konsumen Based Examination of Digital CRM. Journal of Business Economics and Management, 23(3), 507–531.
Sriwidodo, U., & Tri Indriastuti, R. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (Vol. 10, Issue 2).
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, London: Pearson Education,Inc.
Noor, Alhidayatullah, Amal. (2023). Dimensions of Service Quality in Influencing Kepuasan konsumen. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences. Vol.2, No.2, ,189-197.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV. 2013
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research (5 ed.). Pearson Education Limited.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juan Manuel Aprilio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.