Strategi Pengembangan Kompetensi Karyawan Untuk Menghadapi Era Digitalisasi

Authors

  • Dina Soffi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fatisah Hasibuan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khoirani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sonya Yohana Sinuraya Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Pengembangan Kompetensi, Era Digitalisasi, Pelatihan Karyawan

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pengembangan kompetensi karyawan dalam menghadapi era digitalisasi yang ditandai dengan perubahan signifikan dalam metode kerja dan manajemen organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis berbagai konsep dan teori terkait pengembangan kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang inovatif dan berkelanjutan, serta pengembangan soft skills, sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu, motivasi kerja juga berperan krusial dalam mendukung efektivitas pengembangan kompetensi. Dengan demikian, perusahaan perlu mengimplementasikan strategi yang komprehensif untuk mempersiapkan karyawan menghadapi tantangan di era digital.

References

World Economic Forum, “The Future of Jobs Report 2020,” The Future of Jobs Report, no. October, pp. 1–163, 2022.

McKinsey & Company, “The Future of Work After COVID-19,” McKinsey & Compan, 2021. [Online]. Available: https://www.mckinsey.com/featured-insights/future-of-work/the-future-of-work-after-covid-19.

D. Fajriyani, A. Fauzi, M. D. Kurniawati, A. Y. P. Dewo, A. F. Baihaqi, and Z. Nasution, “Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review),” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 4, no. 6, pp. 1004–1013, 2023, doi: 10.31933/jemsi.v4i6.1631.

S. D. Putrianti, “Strategi Pengembangan Kompetensi Digital dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merangin,” unpublished.

P. K. Wulandari, M. Kuswinarno, Universitas Trunojoyo Madura, and Kab. Bangkalan, “Era Digital untuk Meningkatkan Kinerja,” unpublished, 2024.

N. Habibah, “Pengembangan Kompetensi Karyawan di Era Digital: Tantangan dan Strategi bagi Departemen MSDM,” unpublished, pp. 23–27.

A. Industri, “Strategi Pengembangan Kompetensi Karyawan Melalui Pelatihan dan Pengembangan di Era Industri 4.0,” Jakoep Ezra Harianto, pp. 706–715, unpublished.

Z. A. Rachman, Departemen Administrasi Bisnis, and Universitas Diponegoro, “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kompetensi,” vol. 10, no. 4, pp. 1408–1417, 2014.

M. Rizqi, Universitas Trunojoyo Madura, “Melalui Pelatihan dan Pengembangan di Era Digital: Studi Literatur Review,” unpublished, 2024.

N. Fadhli, C. A. Putri, J. Jurnal, Akuntansi Manajemen, and Ekonomi Dan, “Strategi Pengembangan Kompetensi Pegawai Melalui Teknologi Digital di Kantor Walikota Pekanbaru,” vol. 4, no. 3, pp. 379–389, 2024.

S. Wijaya, Universitas Pradita, and Kinerja Karyawan, “Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan dalam Menciptakan Kinerja Karyawan di Era Digital,” vol. 13, no. 1, pp. 106–118, 2023.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Dina Soffi, Fatisah Hasibuan, Khoirani, & Sonya Yohana Sinuraya. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Karyawan Untuk Menghadapi Era Digitalisasi. Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 2(1), 82–87. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/1038