Strategi Pengembangan Kompetensi Karyawan Untuk Menghadapi Era Digitalisasi
Keywords:
Pengembangan Kompetensi, Era Digitalisasi, Pelatihan KaryawanAbstract
Penelitian ini membahas strategi pengembangan kompetensi karyawan dalam menghadapi era digitalisasi yang ditandai dengan perubahan signifikan dalam metode kerja dan manajemen organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis berbagai konsep dan teori terkait pengembangan kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang inovatif dan berkelanjutan, serta pengembangan soft skills, sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu, motivasi kerja juga berperan krusial dalam mendukung efektivitas pengembangan kompetensi. Dengan demikian, perusahaan perlu mengimplementasikan strategi yang komprehensif untuk mempersiapkan karyawan menghadapi tantangan di era digital.
References
World Economic Forum, “The Future of Jobs Report 2020,” The Future of Jobs Report, no. October, pp. 1–163, 2022.
McKinsey & Company, “The Future of Work After COVID-19,” McKinsey & Compan, 2021. [Online]. Available: https://www.mckinsey.com/featured-insights/future-of-work/the-future-of-work-after-covid-19.
D. Fajriyani, A. Fauzi, M. D. Kurniawati, A. Y. P. Dewo, A. F. Baihaqi, and Z. Nasution, “Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review),” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 4, no. 6, pp. 1004–1013, 2023, doi: 10.31933/jemsi.v4i6.1631.
S. D. Putrianti, “Strategi Pengembangan Kompetensi Digital dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merangin,” unpublished.
P. K. Wulandari, M. Kuswinarno, Universitas Trunojoyo Madura, and Kab. Bangkalan, “Era Digital untuk Meningkatkan Kinerja,” unpublished, 2024.
N. Habibah, “Pengembangan Kompetensi Karyawan di Era Digital: Tantangan dan Strategi bagi Departemen MSDM,” unpublished, pp. 23–27.
A. Industri, “Strategi Pengembangan Kompetensi Karyawan Melalui Pelatihan dan Pengembangan di Era Industri 4.0,” Jakoep Ezra Harianto, pp. 706–715, unpublished.
Z. A. Rachman, Departemen Administrasi Bisnis, and Universitas Diponegoro, “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kompetensi,” vol. 10, no. 4, pp. 1408–1417, 2014.
M. Rizqi, Universitas Trunojoyo Madura, “Melalui Pelatihan dan Pengembangan di Era Digital: Studi Literatur Review,” unpublished, 2024.
N. Fadhli, C. A. Putri, J. Jurnal, Akuntansi Manajemen, and Ekonomi Dan, “Strategi Pengembangan Kompetensi Pegawai Melalui Teknologi Digital di Kantor Walikota Pekanbaru,” vol. 4, no. 3, pp. 379–389, 2024.
S. Wijaya, Universitas Pradita, and Kinerja Karyawan, “Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan dalam Menciptakan Kinerja Karyawan di Era Digital,” vol. 13, no. 1, pp. 106–118, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Soffi, Fatisah Hasibuan, Khoirani, Sonya Yohana Sinuraya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.