Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Impulsive Buying (Survei Terhadap Konsumen Produk Somethinc)

Authors

  • Devira Elcorina Universitas Padjadjaran

Keywords:

TikTok Pemasaran Media Sosial, Pembelian Impulsif

Abstract

Fenomena yang terdapat dalam penelitian ini berasal dari social media TikTok yang menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling populer di Indonesia hingga terjadinya perilaku impulsive buying yang dialami separuh dari masyarakat Indonesia terhadap pembelian produk. selain itu, produk Somethinc yang merupakan merek kosmetik lokal berhasil dikenal sebagai salah satu produk merek lokal yang terkenal di Indonesia dalam periode yang relatif singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui social media marketing TikTok yang diterapkan oleh Somethinc, mengetahui kondisi impulsive buying konsumen produk Somethinc, serta mengetahui pengaruh social media marketing TikTok terhadap impulsive buying konsumen produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini berfokus kepada penguraian karakteristik dan atribut variabel yang diteliti, yakni social media marketing TikTok dan impulsive buying. Variabel social media marketing TikTok meliputi entertainment, interaction, trendiness, customization, dan electronic word-of- mouth. Sedangkan pada variabel impulsive buying meliputi cognitive impulsive buying dan affective impulsive buying. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui survey online terhadap 250 responden yang merupakan konsumen produk Somethinc. Hipotesis yang diajukan, diuji menggunakan persamaan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil Uji-T yang menggunakan perangkat SPSS 25 dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan Social Media Marketing TikTok (X) terhadap Impulsive Buying (Y).

References

Annur, C. M. (2024, February 8). Individu Pengguna Internet Global Tembus 5,35 Miliar pada Januari 2024. Retrieved July 11, 2024 from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/08/individu-pengguna- internet-global-tembus-535-miliar-pada-januari-2024

Finaka, A. W., Nurhanisah, Y., & Syaifullah, A. (n.d.). 221 Juta Penduduk Indonesia Makin Melek sama Internet | Indonesia Baik. Retrieved July 11, 2024 from Indonesiabaik: https://indonesiabaik.id/infografis/221-juta-penduduk- indonesia-makin-melek-sama-internet

Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. (n.d.). Retrieved August 28, 2024 from Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Winarso, B. (2021, June 8). From Daily Social: https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik- tok

From Data Reportal. (2024).: https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Aldino T, A. P. (2024, March 25). Pemilu 2024, TikTok, dan Partisipasi Semu. Retrieved May 1, 2024 from detikNews: https://news.detik.com/kolom/d- 7260093/pemilu-2024-tiktok-dan-partisipasi-semu

Singh, P. (2024, February 15). Beyond the basics: Exploring the impact of social media marketing enablers on business success. From https://www-sciencedirect- com.unpad.idm.oclc.org/science/article/pii/S2405844024024666

Limanseto, H. (2024, February 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy.

Subakti, H. (2023, July 24). Digital Marketing. From from brand tovenus: https://bithourproduction.com/blog/bongkar-4-strategi-marketing-somethinc/

Putra, M. (2024, April 18). Business and Marketing. From toffeedev: https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/strategi-promosi- somethinc

Yang, S. M., & Kim, H. G. (2019, February). A Study on Factors Affecting Mobile Impulsive Purchase and Post-Purchase Satisfaction : Focused on Apparel Products. Korea Internet Electrornic Commerce Association The Journal of Internet Electronic Commerce Resarch, 19, 307-330.

Bratadharma, A. (2023, February 22). From medcom.id: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/ybJmX3wN-survei-sebut-warga-62- cenderung-doyan-belanja-di-luar-daftar-kamu-termasuk

Sun, B., Zhang, Y., & Zheng, L. (2023, December 3). Relationship between time pressure and consumers' impulsive buying—Role of perceived value and emotions. Heliyon, 9(12).

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). In Marketing Research: An Applied Approach. Pearson Education.

Nunan, D., Nunan, D., Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2020). Marketing Research: Applied Insight. Pearson Education.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. In Metode penelitian kuantitatif.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian. In Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Ghozali, I. (2011). In Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS versi 19.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Devira Elcorina. (2025). Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Impulsive Buying (Survei Terhadap Konsumen Produk Somethinc). Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 2(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/995