Lintasan Belajar Matematika Realistik Bentuk Aljabar Konteks Kuliner Nusantara Berbatuan Aplikasi Mentimeter Dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React)
DOI:
https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i3.1090Keywords:
Lintasan Belajar, Matematika Realistik, Operasi Aljabar , Aplikasi Mentimeter , REACTAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain lintasan belajar matematika realistik bentuk aljabar konteks kuliner Nusantara berbantuan aplikasi mentimeter dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating,transferring (REACT). Subjek penelitian ini adalah 29 Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung pura Kabupaten Langkat Sumatera Utara,pada tahap pilot experiment sejumlah 5 orang dan pada tahap teaching experiment sejumlah 24 orang.Penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis design research ini menunjukkan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) yang diujicobakan dalam lintasan belajar matematik serta dapat diterapkan dengan strategi REACT, mengawali pembelajaran dengan mengaitkan (relating) pengalaman belajar yang telah dimiliki dengan konsep materi baru yang bersifat kontekstual atau matematis.peserta didik diarahkan untuk mengeksplorasi pengalaman belajarnya dan menemukan hubungannya dengan materi baru sehingga menciptakan pengalam belajar baru (design experiencing).Pengalaman belajar yang baru tersebut digunakan (applying) untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual dengan mendiskusikan pengalaman belajar dan hasil penerapannya secara berkelompok (cooperating). Pada akhirnya, Peserta didik menerapkan pengalaman belajar baru pada situasi kontekstual yang berbeda (transferring), Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam hal konten dan bahasa, praktis dan efektif dan pada pendekatan belajarnya serta berdampak pada keterampilan penalaran matematis.
Downloads
References
Muhamad Zulfikar Mansyur et al (2024),Belajar dan Pembelajaran di Abad 21, Yayasan Kita Menulis,ISBN: 978-623-113-218-5
Gavrilla Mei Sela Marande1, dan Hafsah Adha Diana : Design Research : Pengembangan Lintasan Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 8 (1), pp: 31-46.
Rihlatis Sa’idah , Mukti Sintawati et al (2021), Pendidikan Matematika Realistik: Pendekatan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Pemecahan Masalah, DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp197-210, Vol. 9, No. 2, pp. 197 – 210 e-ISSN: 2715–856X p-ISSN:2338-1183
Pratama, Saputra; Agustiani, Riza; Zahra, Atika. (2023). Desain Pembelajaran Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Konteks Kuliner Nusantara dengan Teknologi Augmented Reality Berbantuan Android. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16 (2), pp. 313-326.
Clara Fatimah1, Putri Meilia Asmara (2021), Peningkatan Minat Belajar Peserta didik melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring, MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823 Volume 3 (2), Juli 2021
Lusiani,(2021),Penggunaan Aplikasi Mentimeter sebagai upaya motivasi belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 12 No. 2 – September 2021, p151-158 p-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8338
Hidayat, W., & Riyana, E. (2021). Desain Lintasan Belajar Trigonometri Materi Aturan Sinus dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 296-309
Nur Indah Simamora(2021), Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan segitiga dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di mts negeri 1 padangsidimpuan, Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung II Semarang, 12 Januari 2021
Fitriana, Edwin Musdi,(2018), Development of learning design based on realistic mathematics education, International Conferences on Education, Social Sciences and Technology DOI: https://doi.org/10.29210/20181103 Website: http://icesst.fipunp.ac.id Padang, February 14th - 15th 2018
Dewi, H.P., Fitri, E., & Minarti, E.D. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 949-956. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p949-956
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ibrahim, Selamet, Ellis Mardiana Panggabean, Tua Halomoan Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.