Lintasan Belajar Matematika Realistik Bentuk Aljabar Konteks Kuliner Nusantara Berbatuan Aplikasi Mentimeter Dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React)

Authors

  • Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Selamet Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ellis Mardiana Panggabean Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i3.1090

Keywords:

Lintasan Belajar, Matematika Realistik, Operasi Aljabar , Aplikasi Mentimeter , REACT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain lintasan belajar matematika realistik bentuk aljabar konteks kuliner Nusantara berbantuan aplikasi mentimeter dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating,transferring (REACT). Subjek penelitian ini adalah 29 Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung pura Kabupaten Langkat Sumatera Utara,pada tahap pilot experiment sejumlah 5 orang dan pada tahap teaching experiment sejumlah 24 orang.Penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis design research ini menunjukkan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) yang diujicobakan dalam lintasan belajar matematik serta dapat diterapkan dengan  strategi REACT, mengawali pembelajaran dengan mengaitkan (relating) pengalaman belajar yang telah dimiliki dengan konsep materi baru yang bersifat kontekstual atau  matematis.peserta didik diarahkan untuk mengeksplorasi pengalaman belajarnya dan menemukan hubungannya dengan materi baru sehingga menciptakan pengalam belajar baru (design experiencing).Pengalaman belajar yang baru tersebut digunakan (applying) untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual dengan mendiskusikan pengalaman belajar dan hasil penerapannya secara berkelompok (cooperating). Pada akhirnya, Peserta didik menerapkan pengalaman belajar baru pada situasi kontekstual yang berbeda (transferring), Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam hal konten dan bahasa, praktis dan efektif dan pada pendekatan belajarnya serta berdampak pada keterampilan penalaran matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhamad Zulfikar Mansyur et al (2024),Belajar dan Pembelajaran di Abad 21, Yayasan Kita Menulis,ISBN: 978-623-113-218-5

Gavrilla Mei Sela Marande1, dan Hafsah Adha Diana : Design Research : Pengembangan Lintasan Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 8 (1), pp: 31-46.

Rihlatis Sa’idah , Mukti Sintawati et al (2021), Pendidikan Matematika Realistik: Pendekatan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Pemecahan Masalah, DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp197-210, Vol. 9, No. 2, pp. 197 – 210 e-ISSN: 2715–856X p-ISSN:2338-1183

Pratama, Saputra; Agustiani, Riza; Zahra, Atika. (2023). Desain Pembelajaran Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Konteks Kuliner Nusantara dengan Teknologi Augmented Reality Berbantuan Android. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16 (2), pp. 313-326.

Clara Fatimah1, Putri Meilia Asmara (2021), Peningkatan Minat Belajar Peserta didik melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring, MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823 Volume 3 (2), Juli 2021

Lusiani,(2021),Penggunaan Aplikasi Mentimeter sebagai upaya motivasi belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 12 No. 2 – September 2021, p151-158 p-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8338

Hidayat, W., & Riyana, E. (2021). Desain Lintasan Belajar Trigonometri Materi Aturan Sinus dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 296-309

Nur Indah Simamora(2021), Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan segitiga dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di mts negeri 1 padangsidimpuan, Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung II Semarang, 12 Januari 2021

Fitriana, Edwin Musdi,(2018), Development of learning design based on realistic mathematics education, International Conferences on Education, Social Sciences and Technology DOI: https://doi.org/10.29210/20181103 Website: http://icesst.fipunp.ac.id Padang, February 14th - 15th 2018

Dewi, H.P., Fitri, E., & Minarti, E.D. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 949-956. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p949-956

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Ibrahim, Selamet, Ellis Mardiana Panggabean, & Tua Halomoan Harahap. (2025). Lintasan Belajar Matematika Realistik Bentuk Aljabar Konteks Kuliner Nusantara Berbatuan Aplikasi Mentimeter Dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React). Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 2(3), 213–222. https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i3.1090