Optimalisasi Pemanfaatan Media Ajar Digital Berbasis Formative untuk Siswa SMPN 2 Bandung

Authors

  • Febrianti Putri Pamungkas Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hana Cantika Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syayidah Imaroh Al Hamid Ghonim Assalam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yolanda Carina Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i3.1091

Keywords:

Formative, Media Ajar Digital, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas media ajar digital berbasis Formative dalam meningkatkan pemahaman teks prosedur siswa kelas IX SMPN 2 Bandung. Dengan menggunakan metode eksperimen, penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media Formative dan kelompok kontrol yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil analisis Independent Samples T-Test menunjukkan nilai p = 0,042, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 80,000 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol sebesar 73,086. Uji asumsi normalitas menunjukkan data tidak berdistribusi normal, tetapi asumsi homogenitas varians terpenuhi sehingga uji t tetap valid. Temuan ini menegaskan bahwa teknologi pendidikan interaktif dengan fitur umpan balik langsung seperti Formative dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Selain itu, Formative mempermudah guru dalam mengevaluasi dan memberikan skor yang akurat dibandingkan LKPD. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dan teoretis terhadap pengembangan media ajar digital di era digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih adaptif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. 7. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

S. Wahyuningtyas and W. H. Santosa, Sastra: Teori dan Implementasi, Cet. 1. Surakarta: Yuma Pustaka, 2011.

M. Prensky, “Digital Natives, Digital Immigrants Part 1,” On the Horizon, vol. 9, pp. 2–6, 2001, doi: https://doi.org/10.1108/10748120110424816.

N. Selwyn, Education and technology: Key issues and debates, 2nd ed. London: Bloomsbury Academic, 2017.

G. A. N. R. A. Pratiwi, I. W. Widiana, and B. R. Werang, “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMAN 4 Denpasar,” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 2911–2920, Dec. 2023, doi: 10.62775/edukasia.v4i2.696.

M. F. Chandra, I. Irfandi, and N. Yuhelman, “Literatur Review : Pengembangan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Siswa,” Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, vol. 4, no. 1, pp. 42–46, 2023.

F. Nurjanah and L. S. Faznur, “Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz,” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, vol. 9, no. 1, p. 45, Jun. 2022, doi: 10.30595/mtf.v9i1.13368.

J. Hattie, Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement, 1st ed. Oxon: Routledge, 2009.

R. E. Mayer, The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 2nd ed. Santa Barbara: Cambridge University Press, 2014. doi: 10.1017/CBO9781139547369.

J. M. Roschelle, R. D. Pea, C. M. Hoadley, D. N. Gordin, and B. M. Means, “Changing how and what children learn in school with computer-based technologies,” Future Child, vol. 10, no. 2, pp. 76–101, 2000, doi: https://doi.org/10.2307/1602690.

V. J. Shute, “Focus on formative feedback,” Rev Educ Res, vol. 78, no. 1, pp. 153–189, 2008, doi: 10.3102/0034654307313795.

P. Black and D. Wiliam, “Developing the theory of formative assessment,” Educ Assess Eval Account, vol. 21, no. 1, pp. 5–31, Feb. 2009, doi: 10.1007/s11092-008-9068-5.

OECD, The future of education and skills Education 2030. Paris: OECD Publishing, 2018.

S. Masyhud, “Metode Penelitian Pendidikan,” Universitas Terbuka, 2014.

A. D. Putra, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar,” Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2023.

N. N. Mala, B. Martono, and N. Mardiana, “Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Peningkat Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Anekdot,” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, vol. 10, no. 2, p. 101, Nov. 2023, doi: 10.30595/mtf.v10i2.18639.

S. Cahyani and I. Cahyani, “Asesmen Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Era Digital: Pendekatan Berbasis Kompetensi Dan Teknologi,” 2024.

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Febrianti Putri Pamungkas, Hana Cantika Putri, Syayidah Imaroh Al Hamid Ghonim Assalam, & Yolanda Carina. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Media Ajar Digital Berbasis Formative untuk Siswa SMPN 2 Bandung. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 2(3), 232–238. https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i3.1091