Pencegahan dan Penanganan Pada Bullying dan Kekerasan Seksual di SMPN 8 Malang Melalui Website Hi.Phin
DOI:
https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.696Keywords:
Bullying, Kekerasan Seksual, Pencegahan Bullying, Sekolah Bebas Bullying, Sekolah Aman dan NyamanAbstract
Kasus bullying dan kekerasan seksual telah marak terjadi di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, sekolah perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman serta nyaman yang bebas dari bullying dan kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah dan menanganhi kasus bullying dan kekerasan seksual yang dialami peserta didik di SMPN 8 Malang menggunakan website Hi.Phin. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Hasil pengembangan website Hi.Phin terdiri dari menu home, deskripsi, materi, video, alur pelaporan, forum diskusi, dan kontak. Website Hi.Phin dilengkapi dengan informasi yang menarik, gambar dan video yang memudahkan pengguna dalam menggunakan website. Penelitian ini juga menganalisis kepraktisan penggunaan website Hi.Phin sebagai upaya pencegahan dan penanganan kasus bullying dan kekerasan seksual. Hasil angket 158 peserta didik kelas VII SMPN 8 Malang menunjukkan rata-rata sebesar 3,38 yang menunjukkan kategori kepraktisan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa website Hi.Phin baik digunakan untuk mencegah dan menangani bullying dan kekerasan seksual di lingkungan sekolah
Downloads
References
D. N. Risdo Rolita Simanjorang, “Fungsi Sekolah,” J. Pendidik. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 4, p. 12709, 2023.
H. Popytasari and N. Najlatun, “Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah,” J. Fokus Konseling, vol. 7, no. 2, pp. 76–89, 2021, doi: 10.52657/jfk.v7i2.1425.
H. Wibowo, F. Fijriani, and V. D. Krisnanda, “Fenomena perilaku bullying di sekolah,” Orien Cakrawala Ilm. Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 157–166, 2021, doi: 10.30998/ocim.v1i2.5888.
E. Z. Zakiyah, S. Humaedi, and M. B. Santoso, “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 324–330, 2017, doi: 10.24198/jppm.v4i2.14352.
R. Wulandari and J. Suteja, “Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA),” Prophet. Prof. Empathy Islam. Couns. J., vol. 2, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.24235/prophetic.v2i1.4751.
I. Gustina, M. Yuria, R. Anandita, P. S. Kebidanan, U. Binawam, and J. Timur, “JPM Bakti Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita EDUCATION TO UNDERSTANDING SEXUAL VIOLENCE OF CHILDREN IN ELEMENTARY SCHOOL,” pp. 177–187, 2021.
A. F. Muchaddam, “Kekerasan Pada Anak di Satuan Pendidikan Indonesia,” Pus. Anal. Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI, 2024.
F. A. Nauli, Jumaini, and V. Elita, “Analisis Kondisi Bullying pada Anak Usia Sekolah sebagai Upaya Promotif dan Preventif,” J. Ners Indones., vol. 7, no. 2, pp. 11–20, 2017.
N. Omalia, A. Mansyur, R. Rehan, R. Rauzah, and A. Irawan, “Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Seksual, Bullying Bullying , serta Narkotika di SMP Negeri 3 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat,” Nawadeepa J. Pengabdi. Masy., vol. 3, pp. 113–117, 2023, doi: 10.58835/nawadeepa.v2i3.152.
D. Puspasari et al., “Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual dan Bullying di Sekolah,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 41, pp. 12–17, 2022, [Online]. Available: https://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/11403.
E. F. Zen, M. Muslihati, D. Hidayaturrahman, and W. Multisari, “Pelatihan Perilaku Respek, Empati dan Asertif Melalui Metode Role Play untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Menengah Pertama,” Abdimas Pedagog. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, p. 40, 2020, doi: 10.17977/um050v3i1p40-47.
R. Abdullah, 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo. Jakarta., 2018.
Rahmulyani et al., “Penggunaan Web Konseling Traumatik “Kuy Konseling” untuk Meminimalisir Bullying di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa” Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 9, no. 2, 209-216, 2024.
Purnaningsih, Ninuk et al., “Efektivitas Penggunaan Website GEKA.id dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Pencegahan Seks Bebas Bagi Remaja pada “PIK-R Klorofil” di Kabupaten Kampar” Jurnal Penyuluhan, vol. 18, no. 1, 177-184, 2022, doi:10.25015/18202237679.
Okpatrioka, “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan,” DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya., vol. 1, pp 86-100, 2023.
R. Nurmeidina, A. Lazwardi, and A. N. Ganda, “Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 15–27, 2021.
N. P. Sintawati and I. G. Margunayasa, “Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility,” Int. J. Elem. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 19–29, 2021, doi: 10.23887/ijee.v5i1.3428
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susiswo, Dian Nastiti Utami, Diyo Kriswanto, Erika Arum Puspita, Ery Febrianto, Falahi Nurmaulina, Fatma Noordinar Rahma, Iis Afidah, Intan Ayu Maharani, Intan Faraminda Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.