Strategi Cyber PR Polda Metro Jaya Dalam Membangun Citra Positif Melalui Instagram

Authors

  • Lovella Ramadhania Azhara Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi
  • Amalia Azmi Sitorus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi

DOI:

https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.827

Keywords:

Citra, Cyber Public Relations, Instagram, Polda Metro Jaya

Abstract

Citra dalam sebuah organisasi sangat menggambarkan kualitas organisasi tersebut. Oleh karena itu Citra perlu dikelola dengan baik agar selalu bernilai positif. Hal tersebut dilakukan oleh Humas Polda Metro Jaya dengan strategi Cyber Public Relationsnya  untuk mengelola berbagai sosial media milik Humas Polda Metro Jaya salah satunya melalui konten Instagram. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Cyber Public Relations Humas Polda Metro Jaya dalam membangun citra yang positif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan pengamatan secara langsung. Manfaat akademis penelitian ini sebagai referensi untuk perkembangan pengetahuan seputar Cyber Public Relations dalam melakukan kegiatan kehumasan bagi para dosen, mahasiswa dan peneliti dan Manfaat Praktis penelitian ini untuk mengedukasi dan memberi pemahaman seputar kinerja Divisi Humas Polda Metro Jaya bagi masyarakat awam juga sebagai referensi pengetahuan untuk instansi-instansi lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Cyber Public Relations Humas Polda Metro Jaya adalah dengan pengelolaan sosial media secara intens dan membuat konten yang menarik. Namun ada beberapa kendala seperti masih banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh anggota kepolisian hingga menimbulkan susahnya kepercayaan masyarakat terhadap polisi dan memukul rata bahwa semua anggota kepolisian itu sama. Pemaparan proses pengelolaan Cyber Public Relations pada konten Instagram dengan berbagai tahapan yang dimulai dari penetuan jangka panjang hingga implementasi dan juga evaluasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Satlita, L. (2021). Strategi Cyber Public Relations Humas Polres Purworejo Dalam Mengelola Citra Positif. 74-82.

Joko Edo Listianto. (2023). Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya.

Aisy, R. ’, & Yoedtadi, M. G. (2022). Peran Bidhumas Polda Metro Jaya dalam Membangun Citra Positif Polisi Melalui Media Sosial Instagram Peran Bidhumas Polda Metro Jaya dalam Membangun Citra Positif Polisi Melalui Media Sosial Instagram. Kiwari, 1(2), 378-380.

Nurzam, F., Erza Aminanto, M., Fadri, I., & Burzam, F. (2022). The Communication Strategy of Public Relations of The Indonesian National Police Cyber Crime Diretorate in Handling Hoaxes on Social Media During The Covid-19 Pandemic. Management Technology and Security International Journal, 829–841.

Sarifudin, B., Febrianto, R., Firmansyah, D., & Claretta, D. (2022). Analisis Strategi Humas Polrestabes Surabaya Dalam Mempertahankan Citra Kepolisian. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 228–234

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.

Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.

Syarif, A., Utomo, E., & Prihartanto, E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Taraka. Jurnal Cakrawala Indonesia, 1(3), 227-228

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Lovella Ramadhania Azhara, & Amalia Azmi Sitorus. (2024). Strategi Cyber PR Polda Metro Jaya Dalam Membangun Citra Positif Melalui Instagram. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 2(2), 125–134. https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.827