Peran Apresiasi terhadap Stres dan Burnout pada Guru: Systematic Literature Review
Keywords:
Apresiasi, Stres, Burnout, Kesejahteraan, GuruAbstract
Guru memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan, tetapi sering menghadapi stres dan burnout akibat beban kerja tinggi, tuntutan administratif, dan kurangnya apresiasi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara apresiasi, stres, dan burnout pada guru melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Hasil kajian menunjukkan bahwa apresiasi, baik dalam bentuk finansial seperti insentif dan bonus, maupun non-finansial seperti pengakuan verbal dan formal, berperan signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis dan motivasi kerja guru. Strategi apresiasi ini juga terbukti mengurangi tingkat burnout, meningkatkan keterlibatan guru, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif. Selain itu, dukungan emosional, pelatihan pengembangan diri, serta kepemimpinan yang melayani turut memperkuat efektivitas apresiasi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan kebijakan apresiasi yang terstruktur dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta kesejahteraan guru. Temuan ini diharapkan menjadi landasan dalam merancang strategi manajemen sumber daya manusia di institusi pendidikan
References
U. Ulfiah, A. Nurannisa, and F. Firdausi, “Stress and Its Impact on Principal Performance: An Overview of Education Management,” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 295–304, Mar. 2022, doi: 10.33650/al-tanzim.v6i1.3364.
I. R. Purnamaningsih, “Strategies for Overcoming Teacher Burnout in Schools; Expanding the Human Resource Management,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 566–579, May 2023, doi: 10.33650/al-tanzim.v7i2.4990.
M. Soelton, I. N. Aulia, I. Hutagalung, T. Yanuar, R. Syah, and S. Kurniasari, “Recognizing How The Burnouts And Acuted Stress Affects Turnover Intention In The Stationary Industry,” International Journal of Economics, Commerce and Management, vol. VIII, Jun. 2020, [Online]. Available: http://ijecm.co.uk/
N. F. Masfufah and I. Rindaningsih, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru: Literatur Review,” ELSE (Elementary School Education Journal), vol. 8, no. 1, May 2024, [Online]. Available: https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/
D. F. T. Syarif, M. Fatchurahman, and K. Karyanti, “Pelatihan Self Healing Untuk Mengurangi Burnout Konselor Sekolah,” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 6, no. 1, pp. 178–188, Jan. 2022, doi: 10.29407/ja.v6i1.16804.
L. Qin, J. Lu, Y. Zhou, T. T. Wijaya, Y. Huang, and M. Fauziddin, “Reduction of Academic Burnout in Preservice Teachers: PLS-SEM Approach,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 20, Oct. 2022, doi: 10.3390/su142013416.
Kurniawaty and M. R. Tawil, “The Effect Of Effort-Reward Imbalance On Turnover Intention Mediated By Burnout And Work Stress In Contract Nurses,” Jurnal Aplikasi Manajemen, vol. 21, Jul. 2023, doi: 10.21776/ub.
Raden Soebiartika and Ida Rindaningsih, “Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Sistim Kompensasi dan Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah Sidoarjo,” MAMEN: Jurnal Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 171–185, Jan. 2023, doi: 10.55123/mamen.v2i1.1630.
Z. Zukhairina, “Does Servant Leadership Overcome Teacher Burnout? Principal’s Strategic Approach,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 580–593, May 2023, doi: 10.33650/al-tanzim.v7i2.4548.
R. Kusuma Wardani, H. Santosa, and D. Rahmawati, “The Role of Academic Supervision and Communication on Teacher Performance,” Journal of Educational Research and Evaluation, vol. 5, no. 2, pp. 302–310, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE
N. F. Andriani and I. Rindaningsih, “Development Of Human Resource Management In Islamic Educational Institutions,” Journal homepage ACJOURE : Academic Journal Research, vol. 02, no. 01, pp. 19–29, 2024, doi: 10.61796/acjoure.v1i1.40.
W. R. Ramadan and I. Rindanigsih, “Recent Motivational Trends In Improving The Human Resource Management Of Educational Institutions,” Academic Journal Research, vol. 1, no. 1, pp. 68–78, Jan. 2024, doi: 10.61796/acjoure.v1i1.29.
W. Ningsih and I. Rindaningsih, “Systematic Literature Review (Slr): Efektivitas Kompensasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Prestasi Kerja Di Lembaga Pendidikan,” Perisai: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, vol. 3, no. 1, pp. 110–117, Feb. 2024, doi: 10.32672/perisai.v3i1.159.
I. N. Aristana, I. W. E. Arsawan, and I. G. Rihayana, “Effect of Workload on Turnover Intention among Health Workers, with Burnout as a Mediator and Work Stress as a Moderator,” Jurnal Organisasi dan Manajemen, vol. 19, no. 2, pp. 424–445, Dec. 2023, doi: 10.33830/jom.v19i2.4264.2023.
M. I. Muttaqin, M. Hambali, A. B. Ismail, M. Mulyadi, and M. S. Hady, “Optimizing Mental Health in Islamic Boarding School Students: Balancing Physical and Mental Endurance for Effective Qur’an Memorization,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2, pp. 675–688, Jun. 2024, doi: 10.33650/al-tanzim.v8i2.8470.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Fatimatuz Zuhroh, Ida Rindaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.