Transformasi Pembelajaran: Integrasi Buku Cetak Dan Website Interaktif Dalam Era Digital

Authors

  • Muhammad Syabrina Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Muhammad Noor Habil Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Hilda Dwi Junianti Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ratna Eva Wati Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Keywords:

Media Interaktif, Gerak lokomotor , Bahan ajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi gerak lokomotor kelas II SD TAHFIDZ AL-JAMIEL dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) serta model ADDIE. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain media, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kelayakan penyajian, isi, dan bahasa. Penilaian dari ahli desain juga menunjukkan bahwa desain media pembelajaran ini efektif, meskipun masih ada beberapa area yang dapat diperbaiki. Evaluasi oleh guru dan uji coba lapangan memperlihatkan bahwa media ini menarik dan efektif, meskipun penggunaan bahasa perlu disesuaikan lebih lanjut agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil analisis uji T pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini, dengan nilai signifikansi yang jauh lebih kecil dari 0,05. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan belajar yang signifikan, dengan kategori tinggi pada hampir semua peserta. Secara keseluruhan, media pembelajaran interaktif ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif yang mendukung pembelajaran di era digital.

References

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451

Fahman, Z. A., & Amrullah, A. (2024). Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191-206.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model addie untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 259-267). http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36.

Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(3), 1978-1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Winatha, K. R., Suharsono, D. N., Agustini, K., & Si, M. (2018). Pengembangan E modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1)

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik di Era Pandemi Covid-19.

Oktavia, T. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Tumbuhan Dan Sumber Kehidupan Di Bumi Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Muhammad Syabrina, Muhammad Noor Habil, Hilda Dwi Junianti, & Ratna Eva Wati. (2025). Transformasi Pembelajaran: Integrasi Buku Cetak Dan Website Interaktif Dalam Era Digital . Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(6), 1222–1232. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1005