Analisis Data Presentase Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Mahasiswa Dari Segi Pembelajaran

Authors

  • Riovaldo Roger Ilhami Gilalo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Debhyrizma Scevia Hardiyyanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wisnu Adryan Nurwahyu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Quinsa Aulia Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Pemanfaatan Teknologi, Etika Penggunaan AI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat pemahaman mahasiswa tentang AI serta dampaknya terhadap proses belajar mereka. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner online yang disebarkan kepada mahasiswa dari berbagai universitas. Hasil menunjukkan bahwa 42,53% responden memiliki pemahaman baik tentang AI, dan 50,57% sering menggunakan aplikasi berbasis AI seperti ChatGPT untuk mendukung tugas akademik. Selain itu, 49,43% responden optimis bahwa AI akan berkontribusi pada perubahan positif dalam dunia kerja di masa depan. Kontribusi penelitian ini adalah menyediakan wawasan tentang dampak positif AI dalam meningkatkan efisiensi dan kreativitas mahasiswa, serta menekankan perlunya pendidikan berkelanjutan mengenai penggunaan AI secara etis dan efektif dalam pendidikan

References

E. S. Eriana, S. Kom, M. Kom, and D. A. Zein, “Artificial Intelligence (Ai) Penerbit Cv. Eureka Media Aksara,” 2023.

C. Rozali, A. Zein, and E. Sita Eriana, “Artificial Intelligence (AI) Dimasa Depan: Tantangan Dan Peluang,” pp. 66–71, 2024, doi: 10.55903/jitu.v2i1.177.

K. Luthfiyyah et al., “Analisis Peran Artificial Intelligence (AI): ChatGPT dalam Perkuliahan di Kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia,” 2024.

V. A. Putri, K. Carissa, A. Sotyawardani, and R. A. Rafael, “Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya,” Prosiding Seminar Nasional, pp. 615–630, 2023.

K. Marlin et al., “Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi,” 2023.

R. N. Yahya, S. N. Azizah, and Y. T. Herlambang, “Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat,” UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 53–59, Feb. 2024, doi: 10.30812/upgrade.v1i2.3481.

L. Lukman, A. Riska, and A. Rihadatul, “Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang,” 2023.

N. I. Rahmahafida and W. B. Sinaga, “Analisis Problematika Lukisan Ciptaan Artificial Intelligence Menurut Undang-Undang Hak Cipta,” 2022.

I. B, A. N. Thamrin, and A. Milani, “Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia,” Digital Transformation Technology, vol. 4, no. 1, pp. 714–723, Aug. 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i1.4512.

Prof. DR. Sugiono, “Metode Penelitian Administrasi,” 2020.

T. S. Nasehudin and N. Gozali, “Metode Penelitian Kuantitatif,” 2012.

Liu Sheng-nan and Feng Da-ming, “What Factors ‘Work’ for Teacher Organizational Learning in Shanghai Middle Schools? A Grounded Theory Approach,” US-China Education Review A, vol. 5, no. 1, Jan. 2015, doi: 10.17265/2161-623x/2015.01.006.

A. Yuni Mustika et al., “Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang,” 2024. [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/Analis

M. Syaifuddin, R. Darmayanti, and N. Rizki, “Jurnal Silogisme Development Of A Two-Tier Multiple-Choice (Ttmc) Diagnostic Test For Geometry Materials To Identify Misconceptions Of Middle School Students,” Bulan Desember, 2022. [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

S. Rahayu, K. Al Hadi, and P. Studi Pendidikan Fisika, “Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 6, no. 4, 2023, doi: 10.29303/jpmpi.v6i4.6601.

F. Novika Pertiwi IAIN Ponorogo, K. Kunci, D. Pengetahuan, and P. Konsep, “Dimensi Pengetahuan FKPM (Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif) Mahasiswa IPA pada Pembelajaran Mekanika,” 2021.

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Riovaldo Roger Ilhami Gilalo, Debhyrizma Scevia Hardiyyanti, Wisnu Adryan Nurwahyu, & Quinsa Aulia. (2025). Analisis Data Presentase Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Mahasiswa Dari Segi Pembelajaran. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(6), 1233–1238. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1006