Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model AADIE Pada Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Pendidikan Pancasila
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Model ADDIE, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas dua SD dalam Pendidikan Pancasila melalui pengembangan bahan ajar interaktif berdasarkan model ADDIE. Metode pra-eksperimental digunakan yang melibatkan 22 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa bahan pembelajaran interaktif yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan materi ini meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 90,2 (pretest) menjadi 99,0. (posttest). Selain itu, baik siswa maupun guru memberikan umpan balik positif tentang materi tersebut, menunjukkan bahwa materi tersebut menarik, mudah dipahami, dan sesuai dengan karakteristik siswa. Kesimpulannya, pengembangan bahan ajar interaktif berdasarkan model ADDIE dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila bagi siswa sekolah dasar.
References
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376
Prisiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, S. R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1–5.
Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631
Purnawanto, T. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(2), 12.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education Dan Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.47178/elementary.v6i1.2056
Zukri, A., Dwi Yulianto, S., Makrifah, N., & Astuti, A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(3), 578–584.
Pribadi, B. A. (2019). Pengertian dan Prinsip-prinsip Pengembangan Bahan Ajar. Pengembangan Bahan Ajar, 1–45.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syabrina, Laura Kalaij Javanoca, Fatma Wardah, Ayatullah Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.