Pengembangan Belajar Melalui Metode Bercerita Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di PAUD Trisula Samarinda
Keywords:
Anak usia dini, Pendidikan, Metode berceritaAbstract
Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi pembangunan suatu bangsa, karena pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan syarat mutlak.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan karakter dan teknik bercerita dengan menilai pemahaman orang tua dan guru tentang kegunaannya dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di rumah dan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis, yang memproses, menganalisis, menafsirkan, dan mengomunikasikan data penelitian untuk memberikan penjelasan aktual tentang kejadian atau peristiwa terkini tanpa memperhitungkan peristiwa masa lalu atau selanjutnya. Penelitian ini menemukan bahwa 70% peserta, terutama orang tua, memiliki pemahaman yang buruk tentang pendidikan karakter dan teknik mendongeng. Namun, 80% memahami pentingnya pendidikan karakter setelah pelatihan. Dampak positif mendongeng bagi anak-anak meliputi peningkatan disiplin, kemandirian, dan tanggung jawab
References
Amini, M., Marsinah, N., Chandrawati, T., Hermaini, B., Budiman, M. H., Aisyah, S., … Budi, U. L. (2022). Penguatan Karakter Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 33–37. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1a.2970
Anggaraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia DIni, 2(2), 140. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2679
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Ariyanto, B., & Nurkaif. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita dalam Pengembangan Karakter : Studi Kasus Di TK.Nurul Huda Kec.Trimurjo Kab.Lampung Tengah. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Evy, O., & Sumual, M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Tk Gmim Damai Rasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 382–389. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.6982700
Fauziah, R., & Abdurakhman, O. (2013). Metode Cerita (Berbasis Cerita Dalam Al-Quran) Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1), 34–44.
Fitriani, A., Adjie, N., Dewi, F., Justicia, R., Pendidikan, F. I., Indonesia, U. P., & Bercerita, M. (2022). STUDI KASUS PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PENDAHULUAN Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus cara yang berbicara . Melalui berbicara anak dapat berkomunikasi Dewasa ini kasus keterlambatan berbicara pada anak usia dini sering terd, 29–37.
Hadisi, L. (2022). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. Retrieved from http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675
Ismawati, P. (2020). Implementasi Budaya Antri Dalam Melatih Kesabaran Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 32–44.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481.
Jazilurrahman, Widat, F., Tohet, M., Murniati, M., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Nurhayati, S. (2020). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus Di TK Pembina Kecamatan Sanden).
Rahma, A. N., & Zulkarnaen, Z. (2023). Upaya Pembentukan Karakter melalui Metode Bercerita “Saat Beruang Mengantre Panjang” pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2801–2810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4396
Rahmawati, I. (2022). Srategi pembelajaran untuk meningkatkan pengembangan bahasa pendidikan anak usia dini melalui metode bercerita. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 489–501.
Rahmawati, I. D. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Di Era Digital. Universitas Islam Malang.
Ritonga, A. W. (2022). Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education in the Digital Era. INDONESIAN VALUES AND CHARACTER EDUCATION JOURNAL, 5(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729
Rizqina, A. L. (2018). Membangun Karakter Bangsa Sejak Dini Melalui Metode Bercerita. Annual Conference on Islamic Early …, 229–236.
Rohayati, H. E. (2020). Metode pengembangan keterampilan bercerita yang berkarakter untuk pendidikan anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Setiantono, T. (2022). Penggunaan metode bercerita bagi anak usia dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 18–23. Retrieved from https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611
Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.202
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Sidiq, A. M., Umairi, M. Al, & Salsabillah, N. I. (2022). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Karakter Anak Pada Kelompok a. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 173–184. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.173-184
Sri Wachyuni. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Empowerment, 4(2252), 120–127.
Susanti, L., Nurtiani, A. T., & Zamana, M. (2021). Analisis Penggunaan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Karakter Religius Pada Anak Kelompok B TK Cut Meutia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). Retrieved from https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/309/146
Ulfah, M., Asdar Asdar, & Nurdiyah. (2023). Penggunaan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5351–5358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3737
Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida Sri. Raudhah, 5(2), 1–19.
Wardani, K., & Afandi, N. K. (2023). Implementasi Metode Bercerita Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 110–122. https://doi.org/10.24903/jw.v8i2.1320
Wathon, A. (2019). Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Yusra, Yunisari, D., & Qadri, M. (2020). Mengembangkan Nilai Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 211–223. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1147
Zahra, D. A., Musa, S., & Sutarjo, S. (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita (Studi Kasus Di Paud Fedus Kabupaten Bekasi). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(2), 110–121. https://doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17620
Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuni Ika Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.