Implementasi Pembuatan Website Company Profile Dan Menu Digital Pada Umkm Simalis Cafe
Keywords:
Situs web, Profil Perusahaan, Menu DigitalAbstract
SIMALIS Cafe merupakan sebuah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang kuliner yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing di era digital. Sebagai solusi, proyek ini mengusulkan pembuatan website company profile dan menu digital untuk memudahkan akses informasi, meningkatkan visibilitas, dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan tahapan identifikasi masalah, perancangan, implementasi, pengujian, dan analisis data. Website dikembangkan menggunakan WordPress dengan fitur-fitur seperti menu digital berbasis QR code, pemesanan online, dan informasi lengkap tentang cafe. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam visibilitas, efisiensi operasional, dan kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, digitalisasi melalui website company profile dan menu digital terbukti efektif dalam mendukung pertumbuhan dan daya saing SIMALIS Cafe. Saran untuk pengembangan selanjutnya mencakup pemeliharaan rutin, pembaruan konten, dan pengumpulan umpan balik pelanggan untuk perbaikan berkelanjutan
References
Salim, Emil, H. Hendri, and R. Robianto, “Strategi pengembangan usaha dan peningkatan kinerja dalam menghadapi era digital pada umkm café tirtasari Kota Padang.,” urnal Masy. Mandiri, vol. 10–17, 2020.
H. S. ANN Hidayah, “Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website,” Inf. Tecnol., 2019, [Online]. Available: garuda.kemdikbud.go.id
M. Djakasaputra, A., Wijaya, O., Utama, A., Yohana, C., Romadhoni, B., & Fahlevi, “Empirical study of Indonesian SMEs sales performance in digital era: The role of quality service and digital marketing.,” Int. J. Data Netw. Sci. 5.3, vol. 303–310, 2021.
S. S. E Oley, “Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran),” J. Tek. Elektro Dan Sist. Inf., 2017, [Online]. Available: ejournal.unsrat.ac.id
S. Hasibuan, I. Rodliyah, S. Z. Thalhah, P. W. Ratnaningsih, and A. A. M. S. E, Media penelitian kualitatif, vol. 5, no. January. 2022. [Online]. Available: http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Nasution and A. Fattah, “Buku Metode Penelitian Kualitatif abdul fattah,” repository.uinsu.ac.id, 2023.
T. Pramiyati, J. Jayanta, and Y. Yulnelly, “Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil),” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 679, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1574.
Adithia, Sandy, and M. P. P. Jaya, “Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi,” J. Res. Bus. Tour., vol. 1.1, no. 37–46, 2021.
A. R. LBA Pambudi, “Implementasi QR code untuk efisiensi waktu pemesanan menu makanan dan minuman di restoran maupun kafe,” J. Teknol. dan Ilmu Kompute, 2020, [Online]. Available: bios.sinergis.org
Fauzana, H. Melosa, and L. Asnur., “Pengaruh Variasi Menu Dan Digital Marketing Tehadap Minat Beli Konsumen Pada Karsa Kafe Padang,” J. Daya Saing, vol. 9.3, no. 735–741, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stefanus Eko Prasetyoi, Gautama Wijaya, Haeruddin, Sopiyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













