Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Project Based Learning Di MA Al Mustaqim

Authors

  • Losia Firnanda Sari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Siti Nur Asmah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Riyanti Nurdiana Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Project Based Learning (PJBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui Project Based Learning (PJBL) di MA Al Mustaqim. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang termasuk dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X IPA MA Al Mustaqim. Kelas X IPA berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Sementara itu. Sampel pada penelitian ini semua siswa kelas X IPA yang menjadi sasaran penelitian berjumlah 12 siswa.  Hasil Pengumpulan Data dan Analisis Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa instrumen, yaitu lembar observasi pembelajaran, lembar observasi kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil observasi pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning (PJBL) selama empat pertemuan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada pertemuan pertama, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 79,84%, diikuti oleh pertemuan kedua dengan 80,32%, pertemuan ketiga mencapai 84,22%, dan pertemuan keempat mencatatkan 85,17%. Rata-rata keseluruhan dari keempat pertemuan tersebut adalah 82,41%, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, observasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah-langkah Polya menunjukkan hasil yang memuaskan. Terdapat 100% siswa yang mampu menyelesaikan langkah pertama, 83,33% pada langkah kedua, 100% pada langkah ketiga, dan 75% pada langkah keempat. Semua langkah tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi. Selain itu, hasil rata-rata angket pemecahan masalah matematis siswa melalui PJBL di MA Al Mustaqim mencapai 85,83%, yang juga masuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan efektivitas metode PJBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

References

N. Sholihah dan Mahmudi, "Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar," Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 175-185, 2015.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM), Principles and Standards for School Mathematics, Reston, VA: NCTM, 2000.

R. W. Utami dan D. U. Wutsqa, "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis," Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 166, Mar. 2022.

S. Ulva, "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model SAVI dan Konvensional," Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Garut, vol. 2, no. 2, 2016.

R. Astutiani, Isnarto, dan I. Hidayah, "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya," Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 2019.

C. L. Chiang dan H. Lee, "The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students," International Journal of Information and Education Technology, vol. 6, no. 9, pp. 709-712, 2016.

Y. Abidin, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

I. Kamaruddin, L. E. S. Darmawati, Sudirman, dan E. S. Handayani, "Pengaruh Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Flipped Classroom Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kritis Siswa," Al-Mada: Jurnal Agama Sosial Budaya, vol. 5, no. 3, pp. 271, Agustus 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2021, pp. 126, 127, 199.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016, p. 85.

A. Umar, "Analisis Kendala Kerja Sama Siswa dalam Model Pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah)," Jurnal As-Salam, vol. 3, no. 3, pp. 67-75, 2019.

H. Pratikno dan E. Retnowati, "How Indonesian Students Use the Polya’s General Problem Solving Steps," Southeast Asian Mathematics Education Journal, vol. 8, no. 1, pp. 39-48, 2018.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Losia Firnanda Sari, Siti Nur Asmah, & Riyanti Nurdiana. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Project Based Learning Di MA Al Mustaqim. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(7), 1515–1525. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1096