Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terintegrasi Jeopardy Games Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Klepu 05

Authors

  • Annisa Ulfi Aulia Universitas Islam Sultan Agung
  • Yunita Sari Universitas Islam Sultan Agung

Keywords:

Efektifitas, STAD, Matematika, Jeopardy Games

Abstract

Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen (no-design) tipe one group pretest-posttest, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang dikombinasikan dengan Jeopardy Games terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan sampel 28 siswa kelas V SDN Klepu 05. Instrumen penelitian ini berupa soal esai, dengan sepuluh soal diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keterampilan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dari 50,75 pada pretest menjadi 69,57 pada posttest. Hipotesis nol (H0) ditolak karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji-t berpasangan yang dilakukan dengan menggunakan SPSS, yang menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) < 0,05. Setelah membandingkan hasil pretest dan posttest, analisis gain test menghasilkan rata-rata 0,68, yang menempatkannya dalam kategori efektif untuk keberhasilan dan kategori sedang untuk peningkatan. Dengan demikian, siswa kelas lima SDN Klepu 05 mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika mereka secara signifikan setelah menggunakan model pembelajaran STAD yang diintegrasikan dengan Jeopardy Games.

References

N. N. M. Artini, “Pembelajaran Model Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sdn 39 Cakranegara,” J. Paedagogy, vol. 3, no. 1, pp. 30–37, 2016.

A. N. Halawa and D. Mulyanti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran,” Inspirasi Dunia J. Ris. Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 2, pp. 57–64, 2023.

N. Ulia and Y. Sari, “Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, vol. 5, no. 2, p. 175, 2018, doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890.

E. Suriat, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap,” J. Classr. Action Res., vol. V, no. 1, pp. 22–31, 2022.

A. Jamdin, T. G. Ratumanan, and C. M. Laamena, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Siswa Kelas Vii Smp It Assalam Ambon Development Of Learning Devices Based On Stad Type Cooperative Model On Ratio Materials Of Grade Seventh,” J. Magister Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 83–92, 2019.

M. K. Karim, “Pengaruh Penerapan Game Jeopardy Dalam Pembelajaran Remedial Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Di Sd,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 5, no. 1, pp. 858–867, 2019, doi: 10.26740/jrpd.v5n1.p858-867.

I. Rahayu and Khairuddin, “Pengaruh Media Pembelajaran Joepardy Game terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih,” Tapis J. Penelit. Ilm., vol. 7, no. 2, pp. 121–128, 2023, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.11276

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.

S. Wirevenska, Ice; Saputri, lilis; hariani, “Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas Viii Smp Swasta Budi Utomo Binjai,” J. Serunai Ilmu Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 146–151, 2020.

E. A. S, I. Rahmawati, U. Salamah, P. P. G. Universitas, N. Surabaya, and S. D. N. B. Surabaya, “Analisis Implementasi Model Kooperatif tipe STAD dalam Peningkatan Motivasi Belajar Kelas 3,” vol. 10, no. 03, pp. 230–237, 2025.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Annisa Ulfi Aulia, & Yunita Sari. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terintegrasi Jeopardy Games Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Klepu 05. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(9), 1695–1701. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1179