Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN Klepu 05
Keywords:
Model Pembelajaran PBL Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep, Media wordwallAbstract
Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi seberapa efektif pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memanfaatkan aplikasi wordwall dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDN Klepu 05, khususnya pada materi bangun datar. Penelitian dengan desain one-group pretest-posttest ini melibatkan satu kelas yang terdiri dari 20 siswa, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh dan non-probability. Kemampuan siswa diukur sebelum dan sesudah intervensi menggunakan tes esai (masing-masing 10 soal). Hasil penelitian mengungkapkan adanya peningkatan yang berarti pada rata-rata skor siswa setelah diterapkannya PBL dengan wordwall, dari 54,55 menjadi 79,40. Analisis statistik menggunakan uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (p < 0,05), yang mengimplikasikan bahwa penggunaan PBL dengan aplikasi wordwall memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman matematika siswa pada materi bangun datar.
References
I. B. Ginting, R. K. Sembiring, P. J. Silaban, and N. Florentina, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe,” no. 2, pp. 186–195, 2024.
S. Iai, N. Batang, H. Jambi, and P. Iai, “Kurikulum Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Dalam Mempersiapkan Generasi Bangsa,” J. Ilm. Stud. Islam, vol. 76, no. 01, pp. 76–97, 2020.
Nur, R., Ibrahim, A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Pendahuluan. 7.
C. Umam, A. Setiawan, and T. Citrawati, “Studi Pendahuluan Peningkatan Konsep pada Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Socah 4 Bangkalan,” Pros. Nas. Pendidik. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, vol. 4, no. 2, pp. 409–413, 2020.
I. Mubarokah, C. Sa’dijah, and H. Susanto, “Pemahaman Konsep Siswa Pada Aktivitas Kerja Kelompok Berbasis CTL REACT,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 6, no. 2, p. 376, 2021, doi: 10.28926/briliant.v6i2.635.
Firdaus, R. M., & Chasanah, F. (2024). Effectiveness of Problem-Based Learning and Discovery Learning Models on Learning Outcomes of Social Science Students. 13(1), 81–89.
N. Hidayati, S. Gembong, and A. Juwari, “Peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas V pada pembelajaran ipa materi suhu dan kalor denganmenggunakan media pembelajaran wordwall di SDN bibis kabupaten magetan,” Pendas J. IlmiahPendidikan Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 1514–1528, 2023.
Laviona, Z. (2024). Mathematical Problem Solving Ability Reviewed from Habits of Mind Through Problem Based Learning Model Assisted with Wordwall Education Game. 6927(2), 199–209.
Prof. Dr. Sugiyono, Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Winda Ayu Rahmawati, Yunita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.