Pergaulan Bebas Mahasiswa Gen Z : Krisis Nilai Kurangnya Implementasi Pancasila Dikalangan Mahasiswa
Keywords:
Pancasila, Pergaulan Bebas, Mahasiswa Gen Z, Krisis Nilai, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena meningkatnya perilaku pergaulan bebas di kalangan mahasiswa Generasi Z yang mencerminkan adanya krisis nilai moral dan lemahnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kampus. Mahasiswa sebagai agen perubahan seharusnya menjadi contoh dalam menerapkan nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan, namun data menunjukkan bahwa banyak dari mereka justru terjerumus dalam arus modernisasi tanpa landasan nilai yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dengan data diperoleh melalui kajian literatur dan wawancara kepada Ketua HIMA S1 Administrasi Bisnis Universitas Telkom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab utama dari pergaulan bebas adalah rendahnya pemahaman moral dan agama, pengaruh negatif media sosial, serta lemahnya pengawasan dari keluarga dan kampus. Kurangnya internalisasi nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama dan kedua, menjadi kontributor utama krisis nilai yang terjadi
References
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2022). Laporan tahunan pencegahan seks bebas dan penyimpangan sosial di kalangan remaja. https://www.bkkbn.go.id/
Nurhayati, N., & Tanamal, N. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam kehidupan remaja di era pandemi. Jagaddhita: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 1–10.
Asyahidah, N. L., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9901-9908.
Ahmad, F. (2023). Implementasi nilai Pancasila sebagai landasan moral dalam membangun karakter generasi muda Indonesia di era globalisasi. The Indonesian Journal of Politics and Policy (IJPP), 5(1), 182-191.
Adiningrum, G. K., Izzah, M. M., Yeshua, R. G. P., & FITRIONO, R. A. (2022). Masih Eksiskah Pancasila di Mata Gen Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(04), 56-60.
Hasanah, Diana U., et al. "Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Raden Fatah, vol. 2, no. 1, 2020, pp. 28-44, doi:10.19109/pairf.v2i1.3609.
Bowo, A. N. A., Paryanto, P., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram terhadap gaya hidup mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 21–32. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2249
Nabila, D. A., Masitoh, U., & Aprillianti, V. (2023). Dampak media sosial akan gaya hidup mahasiswa Universitas Tulungagung. Governance: Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 13(1), 9–15. https://jurnal.untag-smd.ac.id/index.php/GOV/article/view/137
Aulia, C. M., Putri, N. K., Yupravita, S. T., & Nurmuawanah, S. (2024). Rendahnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Bermedia Sosial. Hakim: Jurnal Ilmu Hukum dan Sosial, 2(1), 225-234.
Fatin, R. R., Nasution, F. N., Hastono, E. C., Khamila, A. N., Warasto, R. A. A., & Tumanggor, R. O. (2024). Relevansi Pancasila sebagai Ideologi Negara di Era Modern pada Kalangan Generasi Z. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 1837–1845. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.5744
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putra Fadhila, Nayla Aurelia Anandieta, Tsamratul Fuadatina, Chatarina Bianti Nawangsasi, Rooney Alointa Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.