Pendekatan Praktek Ape Dalam Efektivitas Perkembangan Di Anak Usia Dini
Keywords:
Anak usia dini, Alat permainan edukatif, Perkembangan anakAbstract
Pendidikan anak usia dini dapat tertuju pada semua aspek perkembangan anak untuk menciptakan potensi anak yang optimal. Penggunaan alat permainan edukatif memberikan anak - anak peluang besar untuk berurusan dengan materi pembelajaran dan pada saat yang sama membantu anak memahami konsep abstrak konkret. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, bertempat di TK IRMA. Peneliti melakukan penelitian langsung di TK IRMA pada saat kegiatan anak belajar sambil bermain menggunakan media APE, untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak sangat mudah dilakukan melalui penggunaan media APE, karena anak dibiasakan untuk berkreativitas sendiri dan memecahkan problem solving nya melalui diskusi dengan teman sebayanya, setiap kreatifitas yang anak ciptakan, guru selalu memberikan apresiasi pada kreatifitas yang anak ciptakan, untuk memotivasi anak semangat dalam belajar, dengan begitu anak menjadi semangat untuk menciptakan kreativitas baru dengan menggunakan media APE.
References
Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726
Murwani, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Melipat dengan Media Kertas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 459–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1092
Lige, R. J. B. S., Audia Sianipar, Marshanda Octavia Fatma Yuslia, Meyliana Nursihab, Miftahul Jannah, & Rr. Deni Widjayatri. (2022). Efektivitas Ape Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.559
Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Pendidikan, Magister, et al. Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. no. 1, 2023, pp. 1–8, https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728.
Desmariani, Evi, Jendriad, Miftahul Jannah, and Didiek Wahyudi. 2022. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Ukuran Untuk Anak Usia.” Riset 3(1): 113–25.
Yanti, D. (2020). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Dan Kepercayaan Diri Terhadap Pengetahuan Matematika Awal. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 1(1), 15–26. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAA/article/view/428
Saudia, B. E. P., & Wardani, W. (2022). Pengaruh Stimulasi APE Magic Book Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7214–7222. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2324
Putri, H., & Harfiani, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Alat Permainan Edukatif Kereta Api Pintar pada Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 191–202. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.512
Luvita, N. Z. (2023). Implementasi Metode Pembeljaran Loose Part Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. . Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 18–22.
Suyadi, Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Sayekti, Ana Silvia, Keysa Djenar Kamiliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.