Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Keywords:
Kemampuan Menulis, Pendekatan Kontekstual, CTL, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan AkademikAbstract
Kemampuan menulis merupakan keterampilan esensial yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam dunia akademik. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan secara tertulis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, untuk memahami secara mendalam proses pembelajaran dan pengalaman mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL mampu meningkatkan kualitas tulisan mahasiswa, baik dari segi struktur, isi, maupun aspek kebahasaan. Komponen-komponen utama dalam CTL seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan refleksi, terbukti mendorong keterlibatan aktif mahasiswa serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam menulis. Selain itu, peran dosen sebagai fasilitator juga sangat penting dalam membimbing mahasiswa untuk menghubungkan pengalaman pribadi dengan materi pembelajaran, sehingga tulisan yang dihasilkan menjadi lebih bermakna dan relevan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis mahasiswa dan dapat menjadi strategi efektif dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
References
Gandasari, M. F., Annur, M. F., Pranata, D., Widi, A. D., Fastabiqi, I., & Mukti, B. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 3349–3359.
Hidayah, N. (2018). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd It Al-Fazhira Cinta Rakyat Tahun Pelajaran 2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Tibe, A. M., Yanti, R., & Jamaluddin, N. E. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus: Mts As’adiyah No.45 Lonra Kabupaten Wajo). Nur Eka Jamaluddin Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 769–781.
Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., & Mamonto, S. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Sd Gmim Ii Sarongsong. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10421051
Sastradiharja, E. J., Siskandar, & Khoiri, I. (2020). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Pai Dan Implementasinya Di Smp Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang. In Tahun (Vol. 10, Issue 1).
Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. 01.
Yuswita. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Mis Nurul Hadina Patumbak. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Novita, M. T. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Menggembangkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Ix A Di Smp Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Di Smpn 2 Teluk Jambe Timur, Karawang . Jurnal Formatif , 07(02).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurhasanah, Alwi Ari Bona, Donna Nurhaida Masdiana Sirait, Hezekiel Omega Putra Pinem, Rizky Jum'at Ramadhan Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.