Pengembangan LKPD Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Aljabar
Keywords:
LKPD, High Order Thinking Skill, AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis HOTS yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Aljabar. Subjek penelitan ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D). Dari hasil penelitian kelayakan LKPD berbasis HOTS memperoleh nilai rata- rata 0,9 dikategorikan sangat layak setelah dilakukan validasi oleh para ahli, kepraktisan LKPD berbasis HOTS memperoleh nilai rata- rata 73% dan keefektifan LKPD berbasis HOTS memperoleh nilai rata- rata 75,8. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis HOTS pada metri aljabar yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
References
J. B. Manalu, P. S. Nababan, H. Harefa, and T. Tambunan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2022, pp. 80-86, 2022.
M. A. T. Fikin, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta,” Skripsi, Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2019.
R. Haniek, “Pengembangan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Kimia SMA Negeri 1 Simpang Empat,” J. Pendidikan IPA Univ. Negeri Padang, vol. 1, no. 2, pp. 27– 38, 2018.
D. Suphalo, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Empat,” J. Pendidikan Biologi Univ. Riau, vol. 2, no. 2, pp. 91-102, 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2019.
A. Maydiantoro, “Model-Model Penelitian dan Pengembangan,” J. Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), vol. 1, no.2, pp. 29–35, 2021.
M. M. I. M. A. Andi Ernawati, "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Subtansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makasar," Jurnal Biotek, 2017.
G. Rhaska, "Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA/Ma," Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia, vol. 1, no. 1, pp. 29-36, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi), Bandung: Alfabeta, 2018.
R. A. Nugroho, HOTS: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal- soal, Jakarta: Pustaka Cendikia Utama, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hemalya Putri Nabila, Riyanti Nurdiana, Ika Sari Fitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.