Peran Guru sebagai Fasilitator Perkembangan Peserta Didik dalam Konteks Pembelajaran Holistik

Authors

  • Rahma Ayu Safitri Universitas Jambi
  • Tiara Ramadhani Universitas Jambi
  • Radis Puspita Universitas Jambi
  • Dina Sustika Amalia Universitas Jambi
  • Yudo Handoko Universitas Jambi

Keywords:

Guru Sebagai Fasilitator, Perkembangan Peserta Didik, Pembelajaran Holistik, Manajemen Kelas, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik di SMA Negeri 8 Muaro Jambi dalam konteks pembelajaran holistik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (literature review) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing yang aktif dalam mengembangkan aspek kognitif, sosial, emosional, dan kreativitas peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang inovatif dan manajemen kelas yang efektif mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sarana dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru, komitmen guru dalam menjalankan peran fasilitator memberikan dampak positif terhadap perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan peran guru sebagai fasilitator untuk mendukung pendidikan holistik yang berkualitas

References

Ani, W. V. (2025). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik. Inklusi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat, 1(02), 51-60.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039-4050.

Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran sosial emosional: Tinjauan filsafat humanisme terhadap kebahagiaan dalam pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026-1036.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Creswell, J. W. (2020). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Damayanti, N. A. (2024). Peran Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Di Kelas Rendah Upaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14-14.

Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1073-1090.

Steven, K., & Saearani, M. F. T. B. (2024). Paradigma dan Isu dalam Pendidikan Seni: Strategi Untuk Pengembangan Pendekatan yang Relevan dan Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3833-3846.

Mardiah, L. Y. (2024, July). Urgensi Peran Guru Sekolah Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah Anak Pada Transisi Ke Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. In Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan (SNKP) (Vol. 2, No. 1, pp. 181-188).

Mutmainah, S. (2025). Peran Guru dalam Memfasilitasi Proses Belajar dan Perkembangan Peserta Didik di MI Nurul Islam Sukosari Lumajang. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 10(1), 20-30.

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Rahma Ayu Safitri, Tiara Ramadhani, Radis Puspita, Dina Sustika Amalia, & Yudo Handoko. (2025). Peran Guru sebagai Fasilitator Perkembangan Peserta Didik dalam Konteks Pembelajaran Holistik. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(11), 1875–1880. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1287