Pendekatan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Berdasarkan Perkembangan Usia Dari Anak Sampai Dewasa Dalam Pendidikan

Authors

  • Oktavia Sinurat Universitas Jambi
  • Elpi Lahersa Universitas Jambi
  • Anggun Universitas Jambi
  • Vista Meranda Surnika Universitas Jambi
  • Yudo Handoko Universitas Jambi

Keywords:

Pendidikan Karakter, Tahap Perkembangan, Pendekatan Guru, Anak Usia Dini, Remaja

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan guru dalam membentuk karakter siswa harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan usia. Pada anak usia dini, pendekatan konkret seperti keteladanan dan pembiasaan menjadi dasar utama; pada remaja, pendekatan lebih reflektif melalui diskusi dan aktivitas kelompok diterapkan; sementara pada usia dewasa, karakter dibentuk melalui pembimbingan dan keterlibatan dalam kegiatan bermakna. Penyesuaian pendekatan ini memungkinkan pendidikan karakter berjalan lebih efektif dan relevan. Oleh karena itu, pemahaman guru terhadap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional siswa sangat penting untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, serta mampu berinteraksi secara positif dalam lingkungan sosial.

References

Cahniyo Wijaya Kuswanto. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui

DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitriani. "Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas)." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.1 (2018): 13-19

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hal. 464-468.

Styowati, A. (2020, Juni 26). Guru dan Tantangan Pendidikan Karakter. KOMPAS.

Maya, R. (2017). karakter adab guru dan murid perspektif ibnu jami. jurnal edukasi, 28.

Filaidi, A., Neviyarni, & Desyandri. (2023). Pentingnya Peran Guru Di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 100–109 https://doi.org/10.37150/perseda.v6i2.2027

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ainiyah, N. (2014). pembentukan karakter melalui pendidikan agam islam. jurnal Al Ulum, 50

Azizah, W., & Suriani, A. (2024). Literatur Review: Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6).

Giwangsa, S. F., Fitria, R. M., & Supriyanto, T. (2022). The role of character education programme in developing students’ cognitive and non-cognitive abilities and teachers’ competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4213–4228. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Oktavia Sinurat, Elpi Lahersa, Anggun, Vista Meranda Surnika, & Yudo Handoko. (2025). Pendekatan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Berdasarkan Perkembangan Usia Dari Anak Sampai Dewasa Dalam Pendidikan . Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(11), 1895–1900. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1291