Pendekatan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Berdasarkan Perkembangan Usia Dari Anak Sampai Dewasa Dalam Pendidikan
Keywords:
Pendidikan Karakter, Tahap Perkembangan, Pendekatan Guru, Anak Usia Dini, RemajaAbstract
Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan guru dalam membentuk karakter siswa harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan usia. Pada anak usia dini, pendekatan konkret seperti keteladanan dan pembiasaan menjadi dasar utama; pada remaja, pendekatan lebih reflektif melalui diskusi dan aktivitas kelompok diterapkan; sementara pada usia dewasa, karakter dibentuk melalui pembimbingan dan keterlibatan dalam kegiatan bermakna. Penyesuaian pendekatan ini memungkinkan pendidikan karakter berjalan lebih efektif dan relevan. Oleh karena itu, pemahaman guru terhadap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional siswa sangat penting untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, serta mampu berinteraksi secara positif dalam lingkungan sosial.
References
Cahniyo Wijaya Kuswanto. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui
DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitriani. "Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas)." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.1 (2018): 13-19
Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hal. 464-468.
Styowati, A. (2020, Juni 26). Guru dan Tantangan Pendidikan Karakter. KOMPAS.
Maya, R. (2017). karakter adab guru dan murid perspektif ibnu jami. jurnal edukasi, 28.
Filaidi, A., Neviyarni, & Desyandri. (2023). Pentingnya Peran Guru Di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 100–109 https://doi.org/10.37150/perseda.v6i2.2027
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ainiyah, N. (2014). pembentukan karakter melalui pendidikan agam islam. jurnal Al Ulum, 50
Azizah, W., & Suriani, A. (2024). Literatur Review: Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6).
Giwangsa, S. F., Fitria, R. M., & Supriyanto, T. (2022). The role of character education programme in developing students’ cognitive and non-cognitive abilities and teachers’ competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4213–4228. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oktavia Sinurat, Elpi Lahersa, Anggun, Vista Meranda Surnika, Yudo Handoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.