Hubungan Ekstrovert/Introvert Personality dengan Kinerja Akademik Tahap Usia Early Adulthood
Keywords:
Ekstrovert/Introvert Personality Kinerja Akademik, Early Adulthood.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara kepribadian ekstrovert dan introvert dengan kinerja akademik pada individu pada tahap usia early adulthood. Kepribadian ekstrovert dan introvert sering diidentifikasi sebagai faktor yang mungkin mempengaruhi prestasi akademik seseorang selama masa perkuliahan. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari mahasiswa di berbagai perguruan tinggi pada tahap early adulthood melalui kuesioner kepribadian dan catatan akademis. Analisis statistik digunakan untuk menentukan hubungan antara tingkat ekstrovert/introvert dan pencapaian akademik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana karakteristik kepribadian dapat mempengaruhi kinerja akademik pada tahap penting ini dalam perkembangan individu. Implikasi penelitian ini dapat membantu pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa pada tahap early adulthood.
References
Kim, M. R., & Han, S. J. (2014). Relationships between the myers-briggs type indicator personality profiling, academic performance and student satisfaction in nursing students. International Journal of Bio-Science and Bio- Technology, 6(6), 1–12. https://doi.org/10.14257/ijbsbt.2014.6.6.01
Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 2(2), 186-196. DOI 10.15294/JISE.V6I2.19718
Jaya, F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Tahun 2018/2019). PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 13-23. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P13-23.2765
Akomolafe, M. J. (2013). Personality Characteristics as Predictors of Academic Performance of Secondary School Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(2), 657-664. Doi:10.5901/mjss.2013.v4n2p657
Kuciel, E, P. (2019): Mediation effect of self-efficacy in the relationship between neuroticism and L2 attainment. Journal of Multilingual and Multicultural Development, DOI: 10.1080/01434632.2019.1684929
Al-Naggar, R. A., Osman, M. T., Ismail, Z., Bobryshev, Y. V., Ali, M. S., & Gonzalez, M. M. (2015). Relation between Type of Personality and Academic Performance among Malaysian Health Sciences Students. iMedPub Journals, 8(182), 1-8. doi: 10.3823/178
Bratko, D., Chamoro, T., & Saks, Z. (2006). Personality and School Performance: Incermental Validity of Self- and Peer-Ratings Over Intelligence. Personality and Individual Differences, 41, 131-142. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.12.015
Bahcekapılı, E., & Karaman, S. (2020). A path analysis of five-factor personality traits, self-efficacy, academic locus of control and academic achievement among online students. Knowledge Management & E-Learning, 12(2), 191–208. 0 http://doi.org/10.34105/j.kmel.2020.12.010
Mammadov, S., Cross, T, L., & Kubilius, P, O. (2021) A Look Beyond Aptitude: Hubungan Antara Sifat Kepribadian, Motivasi Otonom, dan Prestasi Akademik pada Siswa Berbakat, Roeper Review, 43(3), 161-172, DOI: 10.1080/02783193.2021.1923595
Analya, P., & Rohinsa, M. (2017). Kontribusi Trait Kepribadian terhadap Prestasi Belajar pada Mah asiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2014 di Universitas ‘X’ Bandung. Humanitas, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.420
Ackerman, P. L., & Heggestad, E. D. (1997). Intelligence, personality, and interests: Evidence for overlapping traits. Psychological Bulletin, 121(2), 219-245. https://doi.org/10.1037/0033-2909.121.2.219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fajra Pahlevi, Annisa Lyona, Diah Karmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.