Hubungan Ekstrovert/Introvert Personality dengan Kinerja Akademik Tahap Usia Early Adulthood

Authors

  • Fajra Pahlevi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Annisa Lyona Universitas Muhammadiyah Malang
  • Diah Karmiyati Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Ekstrovert/Introvert Personality Kinerja Akademik, Early Adulthood.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara kepribadian ekstrovert dan introvert dengan kinerja akademik pada individu pada tahap usia early adulthood. Kepribadian ekstrovert dan introvert sering diidentifikasi sebagai faktor yang mungkin mempengaruhi prestasi akademik seseorang selama masa perkuliahan. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari mahasiswa di berbagai perguruan tinggi pada tahap early adulthood melalui kuesioner kepribadian dan catatan akademis. Analisis statistik digunakan untuk menentukan hubungan antara tingkat ekstrovert/introvert dan pencapaian akademik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana karakteristik kepribadian dapat mempengaruhi kinerja akademik pada tahap penting ini dalam perkembangan individu. Implikasi penelitian ini dapat membantu pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa pada tahap early adulthood.

References

Kim, M. R., & Han, S. J. (2014). Relationships between the myers-briggs type indicator personality profiling, academic performance and student satisfaction in nursing students. International Journal of Bio-Science and Bio- Technology, 6(6), 1–12. https://doi.org/10.14257/ijbsbt.2014.6.6.01

Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 2(2), 186-196. DOI 10.15294/JISE.V6I2.19718

Jaya, F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Tahun 2018/2019). PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 13-23. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P13-23.2765

Akomolafe, M. J. (2013). Personality Characteristics as Predictors of Academic Performance of Secondary School Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(2), 657-664. Doi:10.5901/mjss.2013.v4n2p657

Kuciel, E, P. (2019): Mediation effect of self-efficacy in the relationship between neuroticism and L2 attainment. Journal of Multilingual and Multicultural Development, DOI: 10.1080/01434632.2019.1684929

Al-Naggar, R. A., Osman, M. T., Ismail, Z., Bobryshev, Y. V., Ali, M. S., & Gonzalez, M. M. (2015). Relation between Type of Personality and Academic Performance among Malaysian Health Sciences Students. iMedPub Journals, 8(182), 1-8. doi: 10.3823/178

Bratko, D., Chamoro, T., & Saks, Z. (2006). Personality and School Performance: Incermental Validity of Self- and Peer-Ratings Over Intelligence. Personality and Individual Differences, 41, 131-142. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.12.015

Bahcekapılı, E., & Karaman, S. (2020). A path analysis of five-factor personality traits, self-efficacy, academic locus of control and academic achievement among online students. Knowledge Management & E-Learning, 12(2), 191–208. 0 http://doi.org/10.34105/j.kmel.2020.12.010

Mammadov, S., Cross, T, L., & Kubilius, P, O. (2021) A Look Beyond Aptitude: Hubungan Antara Sifat Kepribadian, Motivasi Otonom, dan Prestasi Akademik pada Siswa Berbakat, Roeper Review, 43(3), 161-172, DOI: 10.1080/02783193.2021.1923595

Analya, P., & Rohinsa, M. (2017). Kontribusi Trait Kepribadian terhadap Prestasi Belajar pada Mah asiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2014 di Universitas ‘X’ Bandung. Humanitas, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.420

Ackerman, P. L., & Heggestad, E. D. (1997). Intelligence, personality, and interests: Evidence for overlapping traits. Psychological Bulletin, 121(2), 219-245. https://doi.org/10.1037/0033-2909.121.2.219

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Fajra Pahlevi, Annisa Lyona, & Diah Karmiyati. (2023). Hubungan Ekstrovert/Introvert Personality dengan Kinerja Akademik Tahap Usia Early Adulthood . Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 788–795. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/148