Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Brand Awareness dan Minat Beli pada Aplikasi Shopee di Kota Tasikmalaya
Keywords:
Brand Awareness, Celebrity Endorsement, Minat BeliAbstract
Aktivitas pemasaran merupakan kegiatan menawarkan produk atau jasa. Pada masa kini, kegiatan pemasaran yang sedang banyak diaplikasikan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan selebriti atau tokoh terkenal untuk menjadi endorser. Penggunaan selebriti dalam kegiatan pemasaran ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran produk yang kemudian meningkatkan minat beli masyarakat terhadap suatu produk. Perusahaan dan pemasar berharap dengan menggunakan metode celebrity endorsement maka dapat tercipta image positif terhadap produk tersebut. Pengaruh pemasaran adalah kemampuan (calon) konsumen untuk tertarik membeli suatu produk atau merek yang ditawarkan melalui pemasaran yang tidak didasarkan pada insentif yang diberikan oleh celebrity endorsement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement yang terdiri dari daya tarik, kepercayaan dan keahlian terhadap minat konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian eksplanatori digunakan dalam desain penelitian. Barang konsumsi meliputi barang konsumsi, produk belanja, dan produk khusus.
References
Pradhan, D., Duraipandian, I., & Sethi, D. (2014). Celebrity Endorsement : How Celebrity – Brand – User Personality Congruence Affects Brand Attitude And Purchase Intention. Journal of Marketing Communications, (October 2014), 37– 41.
Jain, V. (2011). Celebrity Endorsement And Its Impact On Sales: A Research Analysis Carried Out In India. Global Journal of Management and Business Research, 11(4), 69–82.
Sidik, Dikdik Zafar. (2010). Pembinaan Kondisi Fisik. Bandung: FPOK UPI Bandung
Assael H, (2001), Consumen Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.
Kotler, Philip; John Bowen; James Maken. (1999). Marketing for hospitality and Tourism. 2Nd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Sivesan, S. (2013). Customer Perception towards Relationship Marketing and Personal Demographic Variables: A study of Jaffna District, Srilanka. Management and Administrative Sciences Review,2(1), 67-78.
Martey, E. M., & Frempong, J. (2014). The Impact Of Celebrities ’ Endorsement On Brand Positioning On Mobile Telecommunication Users In The Eastern Region Of Ghana. International Journal of Education Andd Research, 2(7), 397–412.
Eisend, M., & Langner, T. (2010). Immediate and delayed advertising effects of celebrity endorsers ’ attractiveness and expertise. International Journal of Advertising, 29(4), 527–546.
Fleck, N., et al. (2012). Celebrities in Advertising : Looking for Congruence or Likability ? Psychology and Marketing, 29(9), 651–662.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Dhika Trinanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.