Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Muhammad Irfansyah Universitas Siliwangi

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Electronic Word of Mouth (EWOM) sebagai X1, dan variabel Brand Image sebagai X2 terhadap variabel Keputusan Pembelian sebagai Y. Dengan rumusan masalahnya yaitu: (1) Apakah Electronic Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian? (2) Apakah Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian? (3) Apakah Electronic Word Of Mouth dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian? Penelitian dilakukan pada pelanggan coffee shop Misbar yang ada di Kota Tasikmalaya. Data diambil dari pengunjung harian coffee shop tersebut. Sebanyak 63 responden untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis linier berganda. Uji statistik yang digunakan yaitu; Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas), Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Dengan dibantu software IBM SPSS, menghasilkan kesimpulan yaitu variabel Electronic Word of Mouth (EWOM) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Brand Image berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Secara bersama-sama kedua variabel berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

References

Dewi W. & Meira E. (2016). Buku Ajar Keperawatan Anak. Jogjakarta: Pustaka pelajar.

Prasetyo, Bambang D dkk (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press

Swasty, W. (2016). Branding; Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Swasty, W. (2016). Branding; Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2019). Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1)

Dinev, T., & Hart, P. (2006). An Extended Privacy Calculus Model for ECommerce Transactions. Information Systems Research, 17(1), 61–80.

Chandra, S.M. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Jurnal EMBA. 3. (3).

Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei.2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss: 4. JPNN.com. 2014. Di Traveloka, Pesan Tiket Pesawat dan Hotel jadi Lebih Mudah

Zahra Noor Eriza. 2017. Peran mediasi Citra Merek dan Presepsi Resiko hubungan antara Electronic Word Of Mouth (eWOM) dan Minat Beli (studi pada konsumen kosmetik E-Commerce di Solo Raya).

Iswara, I Gede Agus Dana., Jatra, I Made. (2017). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention (Studi pada Smartphone Samsung di Kota Denpasar). E- Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No.8.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Ghazali, I. dan Ratmono, D. (2017), Analisis Multivariat dan Ekonometrika (Teori, konsep, dan Aplikasi dengan EViews 10), Edisi Kedua, Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Dipenegoro

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muhammad Irfansyah. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 900–909. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/161