Budaya Permainan Tradisional Balogo dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam

Authors

  • Nadya Rainatul Agustina UIN Antasari Banjarmasin
  • Nuril Khasyi’in UIN Antasari Banjarmasin

Keywords:

Traditional, Banjar, Game, Balogo, Islamic.

Abstract

Permainan banjar bahari merupakan permainan yang murah meriah dan hanya menggunakan sumber daya alam, tidak menguras tenaga dan bermanfaat untuk kesehatan dan kebersamaan dalam pergaulan. Permainan tradisional merupakan sarana bermain bagi anak-anak. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kebugaran dan perkembangan anak, juga terdapat nilai-nilai positif yang terkandung dalam permainan tradisional seperti kejujuran, kerjasama, sportifitas, tolong menolong, tanggung jawab, disiplin dan masih banyak lagi dimana hal-hal tersebut dapat membangun karakter anak. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis akan mengkaji budaya permainan tradisional balogo dan nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Permainan tradisional Banjar merupakan jenis permainan yang mengandung nilai-nilai budaya Banjar yang pada hakikatnya merupakan warisan dari orang-orang terdahulu di suku Banjar. Nilai-nilai pendidikan Islam sangat penting untuk diterapkan pada anak-anak saat ini. Nilai-nilai tersebut tidak hanya dapat diterapkan melalui sekolah formal saja, namun juga dapat diterapkan melalui permainan tradisional Banjar seperti Balogo. Nilai-nilai pendidikan Islam berbanding lurus dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditetapkan oleh negara kita yaitu religius, musyawarah mufakat, disiplin, jujur, toleransi, kerja keras, kerja sama, kreatif, tanggung jawab.

References

G. M. Anggita, “Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa,” JOSSAE (Jurnal Ilmu dan Pendidikan Olah Raga), vol. 3, tidak. 2, hal. 55–59, 2018.

S. Heemillenia dan A. Hidayat, “Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil. Pembelajaran Siswa Kelas Iv Menggunakan Model Pembelajaran Balogo,” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol.1, no.1, hlm.38–46, 2023.

M. Istati, “Penguatan Keterampilan Konseling Anak: Memahami Karakteristik Anak Melalui Permainan Balogo,” Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Pendidikan), vol. 7, tidak. 2, hal. 1–9, 2017.

A. Humaidi, “Nilai-Nilai Budaya dalam Lagu Banjar: Perkawinan, Penghidupan dan Permainan Tradisional,” Jurnal Stilistika Bahasa, Sastra dan Pengajaran, vol. 1, tidak. 1, hal. 111, April 2016.

S. Normuliati dan N. Urahmah, “Permainan Tradisional Balogo Pada Masyarakat Kalimantan Selatan Dalam Karya Sastra,” Tashwir: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial Budaya, vol. 11, tidak. 1, hal. 31–43, 2023.

T. N. Haliza, “Internalisasi Penggunaan Permainan Balogo Sebagai Stimulasi Belajar Aud Dalam Pengasuhan Keluarga Banjar,” Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, tidak. 2, hlm. 11–22, 2022.

A. Salim dkk, Khazanah Islam Masyarakat Banjar. Yogyakarta: Samudera Biru, 2021.

A. Sugianto, “Teknik Permainan Balogo dalam Layanan Bimbingan Belajar Kelompok untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Siswa SMP,” yang disampaikan pada Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi KKNI Kurikulum Berbasis Bimbingan dan Konseling, Malang, 2017.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Nadya Rainatul Agustina, & Nuril Khasyi’in. (2023). Budaya Permainan Tradisional Balogo dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1352–1360. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/231