Efektivitas Media Pembelajaran Web Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 20 Bone
Keywords:
Media pembelajaran, Web quiz¸ Hasil belajarAbstract
Yusgar Risaldi Yusup, 2023 Efektivitas media pembelajaran web quiz terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 20 Bone. Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone. Dibimbing oleh pembimbing I Syarifnur, S.Pd., M.Pd.dan Pembimbing II Asmah Amir, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peggunaan media pembelajaran web quiz terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 20 Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Data yang diolah merupakan data jumlah populasi dan sampel siswa, hasil belajar pre-test dan post-test, dokumentasi, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 dengan jumlah 21 orang siswa. Hasil analisis inferensial menggunakan uji normalitas dan homogenitas diperoleh dari hasil data normal dan homogen. Uji hipotesis signifikansi menggunakan paired sample pretest posttet diperoleh nilai signifikansi rendah dari 0,05 yaitu 0,00 (Sighitung <0,05) menunjukkan keefektifan yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menggunakan pretest dan posttest dengan pengolahan data berupa aplikasi SPSS Versi 27. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran web quiz terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia efektif dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 20 Bone.
References
Fullan, Michael G. dan Suzanne Stiegelbauer. 1991. The New Meaning of Educational Change. Columbia University: Teachers College Press
R. Huang, U. Suleman & X. Zhang (2021). "Desain dan implementasi platform pembelajaran berbasis web untuk pendidikan pemrograman." Journal of Computers in Education, 8(1), 141-157. Springer. Singapura.
S. Yildirim & J. Keengwe. (2020). "Effects of technology on student engagement, retention, and satisfaction with learning: Evidence from a university online course." Computers & Education, 103974. Elsevier. United Kingdom
Fernandez P. Alonso, Ramos J. Lopez & Cortes D. Ramon (2020). "Desain dan validasi lingkungan pembelajaran berbasis web untuk pendidikan fotografi digital." Interactive Learning Environments, 28(1), 113-128. Taylor & Francis. Inggris Raya.
Chen, M., Xiao, J., Du, Y. & Wang, M., 2020. Elevated Non-High-Density Lipoprotein Cholesterol Corresponds To A High Risk of Nephrolithiasis in Children. BMC Urology, 20(120), pp. 1-6.
H. J. So, & B. Kim. (2019). "Membandingkan efek blogging melalui perangkat seluler dan PC terhadap motivasi, sikap, dan kepuasan belajar siswa." Springer. Amerika Serikat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusgar Risaldi Yusup, Asmah Amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.