Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Risiliensi Pada Mahasiswa Akhir :Tinjauan Pustaka
Keywords:
Dukungan sosial, Harga diri, ResiliensiAbstract
Resiliensi merupakan konsep psikologis yang menjelaskan kemampuan individu untuk bangkit dari tekanan dan mengembangkan ketahanan diri. Penelitian ini memfokuskan pada dua faktor kunci yang dianggap sebagai variabel independen dalam konteks resiliensi, yaitu harga diri dan dukungan sosial. Harga diri merujuk pada sikap individu terhadap dirinya sendiri sebagai objek yang berharga, sementara dukungan sosial berasal dari lingkungan sekitar dalam bentuk bantuan dan dukungan. Dalam tinjauan literatur ini, ditemukan bahwa harga diri yang tinggi dan dukungan sosial yang baik berkontribusi positif terhadap resiliensi individu. Harga diri yang tinggi meningkatkan penilaian positif individu terhadap situasi stres, sedangkan dukungan sosial yang efektif dapat mengurangi stres psikologis dalam menghadapi kesulitan hidup. Dukungan sosial dapat berasal dari berbagai sumber seperti keluarga, teman, dan lingkungan kerja.Pentingnya memiliki dukungan sosial terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan hubungan sosial, membantu individu menjadi bagian dari kelompok, dan merasa berafiliasi. Dukungan sosial juga memberikan makna dalam kehidupan individu dan membantu mereka menghadapi kesulitan. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang sangat membutuhkan dukungan sosial, dan hal ini memainkan peran penting dalam kesehatan fisik dan kesejahteraan mereka
References
Steinberg, L. (1993). Adolescence (3rd ed). New York: McGraw-Hill. Modeling and Optimization in Science and Technologies, Springer, 2017, pp. 475–494.
Cohn, M. A., Fredrickson, B. L., Brown, S. L., Mikels, J. A., & Conway, A. M. (2009). Happiness Unpacked: Positive Emotions Increase Life Satisfaction by Building Resilience. Emotion, 9(3), 361–368. https://doi.org/10.1037/a0015952.
Schwarzer, R., Knoll, N., & Rieckmann, N. (2004). Social support. In A. KapteinJ.Weinman (Eds.), Health psychology (pp. 158–182). Oxford, England: Blackwell.
Lin, M., Hirschfeld, G., & Margraf, J. (2019). Brief form of the Perceived Social Support Questionnaire (F-SozU K-6): Validation, norms, and cross-cultural measurement
invariance in the USA, Germany, Russia, and China. Psychological Assessment, 31(5), 609- 621.
Bloom, J. R., Stewart, S. L., Johnston, M., Banks, P., & Fobair, P. (2001). Sources of support
and the physical and mental well-being of young women with breast cancer. Social
Science & Medicine, 53(11), 1513-1524.
Tao, S., Dong, Q., Pratt, M.W. Hunsberger, B., & Pancer, S. M. (2000). Social
support: Relations to coping and adjustment during the transition to university in the People’s Republic of China. Journal of Adolescent Research, 15(1), 123-144.
Cronkite, R.C., & Moos, R. H. (1995). Life context, coping processes, and depression. In E. E. Beckman & W. R. Leber (Eds.), Handbook of depression (2nd ed., pp. 569-587). New York: Guilford Press.
Boyle, P., & Levin, B. (2008). World cancer report 2008 (pp. 510-pp).
Resnick, B., Lisa P. G., & Karen A. R. (2011). Resilience in aging; concepts, research, and
outcomes. London: Springer Science + Business Media, Inc.
Hjemdal, O., Friborg, O., Stiles, T. C., Rosenvinge, J. H., & Martinussen, M. (2006). Resilience predicting psychiatric symptoms: A prospective study of protective factors and their role in adjustment to stressful life events. Clinical Psychology and Psychotherapy, 13(3), 194–201.https://doi.org/10.1002/cpp.488.
Grotberg, E. H. (1996). The international resilience project findings from the research and the effectiveness on interventions. The International Resilience Project: Findingsfrom the Research and the Effectiveness of Interventions", Psychology and Education in the 21st Century:Proceedings of the 54th Annual Convention of the International Council of Psychologists, 118–128.
Windle, G. (2011, May). What is resilience? A review and concept analysis. Reviews in
Clinical Gerontology, 21(2), 152–169. https://doi.org/10.1017/S0959259810000420
Mbong, C. F. (2017). Parental Involvement in Youth Sports and Physical Activities
Wojtas, K., Oskedra, I., Cepuch, G., & Świderska, E. (2014). The level of negative emotions, coping with stress and social support for parents of children suffering from epilepsy. Folia Medica Cracoviensia, 54(1), 79–86.
Myers-Clack, S. A., & Christopher, S. E. (2001). Effectiveness of a health course at influencing preservice teachers’ attitudes toward teaching health. Journal of School Health, 71(9), 462–466.
Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, A. H. (2016). The role of parent-child relationship, self-esteem, academic self-efficacy to academic stress. Procedia-social and behavioral sciences, 217, 603-608.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zuhaimi Santari, Diah Karmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.