Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Buah Jeruk Pada Mahasiswa Untirta

Authors

  • Aliudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mia Fajriany Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nida Alya Z Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Najwa Parawansa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nazwa Aulia A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Widya Arifiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Imelda Khairunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Raditya Ahnaf Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Raissa Carney F Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Ibnu Dzikraa F Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rafly Maulana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Uji Normalitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Buah Jeruk

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui apakah dan bagaimana harga berpengaruh pada keputusan pembelian buah jeruk dikalangan mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan model pendekatan kuantitatif. Populasi yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari konsumen (mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) yang melakukan pembelian buah jeruk tanpa batas, dan dalam penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 63 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 22 untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian buah jeruk. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian buah jeruk mengenai dampak dari harga sebesar 0,067 atau 6,7%. Artinya variabel bebas yang digunakan dalam model yaitu harga dapat mempengaruhi variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 6,7%. Namun sisanya sebesar 93,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel yang diteliti, seperti: Kualitas produk, kualitas layanan, citra merek, dan lain sebagainya

References

Ghassani, N. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Sanksi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Wajib Pajak 66 Orang Pribadi Di Kota Mataram). JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 6(01). https://doi.org/10.30996/jmm.v6i01.2448

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta

D.N. Muhammad Yusra. 2020. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen di Wormhole Store Bandung. Universitas Telkom.

Sari, R.M dan Prihartono. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). JIMEA. Jurnal Ilmiah.

Marissa Grace Haque. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis.

Swastha, Basu, and T. Hani Handoko. "Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat." Penerbit: BPFE, Yogyakarta (2008).

Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada pt. ramayana lestari sentosa. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 16(1), 1-9.

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk keperluan usaha waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511-518.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Aliudin, Mia Fajriany, Nida Alya Z, Najwa Parawansa, Nazwa Aulia A, Widya Arifiani, Imelda Khairunnisa, Raditya Ahnaf, Raissa Carney F, Muhammad Ibnu Dzikraa F, & Rafly Maulana. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Buah Jeruk Pada Mahasiswa Untirta. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(10), 800–809. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/429