Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Simbolik Mahasiswa Melalui Implementasi Case Method

Authors

  • Prima Lestari Situmorang Universitas Musamus
  • Riris Lawitta Maulina Siahaan Universitas Musamus
  • Juli Arianti Universitas Musamus

Keywords:

Case Method, Matematika Ekonomi, Pemecahan Masalah, Pendekatan Polya, Representasi Simbolik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dengan representasi simbolik mahasiswa Pendidikan ekonomi melalui implementasi Case Method pada mata kuliah Matematika Ekonomi . Penelitian ini dilakukan kepada 50 orang mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Musamus lalu dilakukan analisis terhadap hasil penyelesaian soal terhadap 5 responden sesuai dengan kualifikasi Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, Sangat Kurang. Adapun Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah Tes dan Dokumentasi. Adapun tahap analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan analisis tahap oleh Polya sedangkan analisis kemampuan representasi simbolik dengan menggunakan Fatqurhohman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan ekonomi cukup baik dengan alasan 1. Mahasiswa Pendidikan ekonomi mampu mengidentifikasi informasi berdasarkan permasalahan yang diberikan. 2. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi sudah mampu merencanakan penyelesaian permasalahan dan mengubahnya ke dalam bentuk simbol-simbol matematika. 3. Pada umumnya mahasiswa Pendidikan Ekonomi sudah mampu menyederhanakan dan mengubah perhitungan matematika tetapi masih terjadi kesalahan dalam menganalisis nilai akhir. 4. Mahasisa Pendidikan Ekonomi masih belum mampu menyimpulkan dan menggambarkan hubungan temuan dengan gambar dalam bentuk sketsa grafik. 5. Pentingnya peran dosen dalam melakukan inovasi pembelajaran y

References

Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477–484. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.20895

Mahanal, S., Zubaidah, S., Setiawan, D., Maghfiroh, H., & Muhaimin, F. G. (2022). Empowering College Students’ Problem-Solving Skills through RICOSRE. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030196

Fajar Hidayat, D. (2022). 300-Article Text-1094-2-10-20230424. Inovatif, Vol. 8 No.(2), 356–371.

Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216–3228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2913

Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2646–2659. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1944

Fatqurhohman, F., & Susetyo, A. M. (2022). Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 22–29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.15291

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87

Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1

Ott, N., Brünken, R., Vogel, M., & Malone, S. (2018). Multiple symbolic representations: The combination of formula and text supports problem solving in the mathematical field of propositional logic. Learning and Instruction, 58(April), 88–105. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.04.010

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Prima Lestari Situmorang, Riris Lawitta Maulina Siahaan, & Juli Arianti. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Simbolik Mahasiswa Melalui Implementasi Case Method . Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(3), 503–513. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/799