Pengembangan modul Praktikum Osilator Pegas Bagi Siswa/i SMA

Authors

  • Kristina Uskenat Universitas Musamus
  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Musamus
  • Tutik Yuliatun Universitas Musamus

Keywords:

Pengembangan Modul, Praktikum, Osilator Pegas

Abstract

Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang terdiri dari aspek teoritis dan praktikum serta aspek praktikum. Pelaksanaan praktikum di laboratorium membutuhkan panduan yang membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Modul adalah bentuk pedoman atau instruksi praktikum yang berbasis teknologi sehingga dapat diakses di mana saja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development dengan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner validator ahli dan kuesioner kepraktisan. Hasil penelitian dianalisis dan diperoleh hasil valisasi modul yang dikembangkan memperoleh kelayakan validasi ahli  materi sebesar 89,92 dan validasi ahli media sebesar 86,45. Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan baik digunakan dalam pembelajaran

References

E. Sulistiani, “Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA,” Semarang , 2017.

A. Susilo and S. Sarkowi, “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi,” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, vol. 2, no. 1, p. 43, Nov. 2018, doi: 10.17509/historia.v2i1.11206.

R. Ariani, “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif,” 2019.

D. Holden Simbolon, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Effects Of Guided Inquiry Learning Model Based Real Experiments And Virtual Laboratory Towards The Results Of Students’ Physics Learning,” 2015.

“eBook L - Ilmu Pengetahuan dan Pedagogi dalam Terapan serta Teknologi”.

M. Arifin et al., “Pembelajaran Dasar Teknologi Penerbangan Melalui Praktikum Fisika Sekolah Menengah Atas,” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 1, p. 18, Feb. 2024, doi: 10.20527/btjpm.v6i1.9534.

D. Endrawati Subroto, R. Wirawan, and A. Yanto Rukmana, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia.”

K. Uskenat, B. H. Iswanto, and W. Indrasari, “Spring oscillator as case based learning (CBL) device,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1806/1/012008.

Rachmat Rizaldi, S. Syahwin, and Uswatun Hasanah. S, “Praktikalitas e-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA,” JURNAL PENDIDIKAN MIPA, vol. 13, no. 4, pp. 1030–1037, Dec. 2023, doi: 10.37630/jpm.v13i4.1275.

Rasyid Anita and Wiyatmo Yusman, “Pengembangan e-modul fisika berbasis PBL berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 11, no. 1, pp. 36–55, Apr. 2024.

B. Muqdamien, D. Puji Raraswaty, and U. Sultan Maulana Hasanuddin Banten, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun 1,” Jurnal, vol. 6, no. 1, 2021.

Muhammad Nabil Priambada, Aprianti Astuti, and Anjani Putri Belawati Pandiangan, “Peran Teknologi Informasi dalam Implementasi Kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Sangatta Utara,” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, vol. 2, no. 5, pp. 172–187, Jul. 2024, doi: 10.61132/jbpai.v2i5.540.

N. Rahmadanti, R. Refianti, and Y. Yanto, “Jurnal Didactical Mathematics Systematic Literature Review: Modul Berbasis Learning Cycle 7E pada Pembelajaran Matematika.” [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

F. Rohman, dan Ayu Lusiyana, and S. Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Jl Kota Baru Sukaraja Kec Buay Madang Kab OKU Timur, “Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial Mahasiswa,” 2017.

L. Fidiana and P. D. Jurusan Fisika, “Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi,” UPEJ , vol. 1, no. 1, 2012,

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Kristina Uskenat, Simangunsong, I. T., & Yuliatun, T. (2024). Pengembangan modul Praktikum Osilator Pegas Bagi Siswa/i SMA. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(3), 496–502. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/802